8 Cara Menyebut Kencing / Buang Air Kecil dalam Bahasa Mandarin

Halo teman-teman Alien Mandarin, ni hao! Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang cara menyebut tahi/tinja dalam bahasa mandarin ( yang belum membaca silakan untuk membacanya di sini ) , maka pada artikel ini akan kita bahas cara penyebutan buang air kecil/ kencing dalam bahasa mandarin. Mari kita mulai saja.

1.小便(xiǎo biàn)
小便(xiǎo biàn)secara harfiah berarti kotoran kecil. Kata 小便(xiǎo biàn)ini setara dengan buang air kecil dalam bahasa Indonesia. Selain itu ada juga lawan kata 小便(xiǎo biàn) yaitu 大便(dà biàn) yang berarti buang air besar.

Contoh
他一晚上,得起来解几次小便?
Tā yī wǎnshàng, dé qǐlái jiě jǐ cì xiǎobiàn?
Dia dalam satu malam harus bangun berapa kali untuk buang air kecil

2. 尿尿(niào niào) 
尿尿(niào niào) merupakan frasa lain dalam bahasa mandarin yang sering dipakai untuk mengatakan kencing / buang air kecil dalam bahasa mandarin. Frasa 尿尿(niào niào) lebih sering dipakai lisan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Contoh
你要去尿尿吗?
Nǐ yào qù niào niào ma?
Apakah kamu ingin pergi kencing?

3. 撒尿(sā niào)
Frasa 撒尿(sā niào) juga berarti kencing atau buang air kecil. Frasa ini bisa juga dipakai untuk hewan.

Contoh
不会吧,弟弟在车里撒尿!
Bù huì ba, dìdì zài chē lǐ sāniào!
Oh tidak! Adik (laki-laki) kencing di dalam mobil.

4. 排尿(pái niào)
排尿(pái niào) merupakan bahasa formal untuk buang air kecil dalam bahasa mandarin. Kata ini 排尿(pái niào) lebih sering ditemukan dalam buku-buku dan karya ilmiah lainnya.

5. 小解(xiǎo jiě)
小解(xiǎo jiě) secara harfiah berarti penyelesaian kecil. Kata 小解(xiǎo jiě) muncul di berbagai buku klasik Tiongkok. 小解(xiǎo jiě) juga bisa dipakai untuk menyebut buang air kecil atau kencing.

6. 解小手(jiě xiǎo shǒu)
解小手(jiě xiǎo shǒu) adalah ungkapan lain yang sering dipakai di daerah Tiongkok Utara untuk menyebut kencing dalam bahasa mandarin. Frasa 解小手(jiě xiǎo shǒu) merupakan bahasa percakapan/sehari-hari yang sering didengar di kota-kota Tiongkok Utara seperti Beijing, Harbin, dll.

7. 上一号(shàng yī hào)
上一号(shàng yī hào) merupakan frasa percakapan sehari-hari yang dipakai di Taiwan untuk menyebut kencing dalam bahasa mandarin.

8. 上小号(shàng xiǎo hào)
Selain 上一号(shàng yī hào), frasa 上小号(shàng xiǎo hào) juga sering dipakai dalam percakapan di Taiwan untuk menyebut buang air kecil.

Contoh
他们两个去上小号了
Tāmen liǎng gè  qù shàng xiǎo hàole
Mereka berdua pergi buang air kecil.

Begitulah pembahasan macam-macam cara menyebut buang air kecil / kencing dalam bahasa mandarin. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang belajar bahasa mandarin. Tetap semangat belajarnya. 加油!

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar