7 Panggilan Sayang dalam Bahasa Mandarin





Halo yang lagi kasmaran atau yang lagi berbunga-bunga? Lagi ngapain hari ini? Pasti lagi mikirin dia ya. Orang bilang kalau jatuh cinta dunia terasa milik berdua, yang lain pada ngontrak... haha.  Ngomong-ngomong kamu kalau manggil si doi apa? Beb, ayang, yayang atau cintaku? Terserah lu mau manggil apa deh. Kita akan mempelajari bagaimana panggilan sayang dalam bahasa mandarin

1. 亲爱的 (qīn ài de) = Sayangku

亲爱的 (qīn ài de) merupakan panggilan sayang yang paling lazim dalam bahasa mandarin. Kata ini menunjukkan hubungan yang akrab antara manusia. Biasa banyak digunakan dalam hubungan suami istri dan hubungan pacaran.

Selain untuk pasangan kata亲爱的 (qīn ài de) dapat digunakan kepada seseorang yang mempunyai hubungan akrab dengan kita.

Misalnya
亲爱的奶奶
qīn ài de nǎinai
nenek tersayang

亲爱的爸爸和妈妈
qīn ài de bàba hé māmā
papa dan mama tersayang

亲爱的同学们
qīn ài de tóngxuémen
murid-murid tersayang

2. 宝贝(bǎo bèi) = Kesayangan, Sayangku

宝贝(bǎo bèi) secara harfiah berarti barang kesayangan. Panggilan ini agak jarang di gunakan di tempat umum karena terdengar sedikit berlebihan. Biasa hanya digunakan ketika berduaan ataupun di dalam chattingan/sms.

3. 宝宝(bǎo bǎo)= anak manis, sayang

宝宝(bǎo bǎo) secara harfiah berarti anak kecil. Kata宝宝(bǎo bǎo) merupakan panggilan mesra untuk  anak kecil tetapi ada juga pasangan sejoli yang kata untuk memanggil pacarnya.

4. 心肝 (xīn gān) = Jantung Hatiku, Sayang

心肝 (xīn gān) secara harfiah berarti jantung dan hati. Ungkapan ini terdengar tidak aneh bagi orang Indonesia karena kita juga mempunyai kata yang hampir sama yaitu jantung hatiku.

kata心肝 (xīn gān) biasa digunakan kepada seseorang yang kamu sangat hargai dan cintai, kamu tidak bisa hidup tanpa dia/mereka. Kata ini juga bisa digabungkan dengan kata宝贝(bǎo bèi) menjadi心肝宝贝(xīn gān bǎo bèi) yang biasa digunakan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

Contoh :
儿子,你是妈妈的心肝宝贝
ér zi, nǐ shì māmā de xīngān bǎobèi
nak, kamu adalah jantung hati kesayangan Ibu.

5. (qīn)= Beb / Yank
(qīn) merupakan kependekan dari kata亲爱的 (qīn ài de). Saya mencoba mencari padanan kata dalam bahasa Indonesia yaitu kira-kira seperti Beb atau yank. Kata(qīn) lebih banyak digunakan dalam sosial media dan chattingan.

Silahkan simak video di bawah ini untuk lebih jelas tentang cara pelafalan kosakatanya

6. 老婆 (lǎo pó)= Istriku dan老公(lǎo gōng)= Suamiku

老婆 (lǎo pó) secara harfiah berarti istri sedangkan老公(lǎo gōng) berarti suami. Dalam mandarin ada beberapa kata yang juga berarti istri ataupun suami tetapi saya merasa cuma dua kata ini yang terasa lebih manja jika diucapkan karena yang lain terdengar lebih formal seperti kata妻子(qī zi: istri) , 太太(tài tài: istri), 丈夫(zhàng fū: suami) dan先生(xiān shēng: suami)

Sama seperti fenomena di Indonesia, kata老婆 (lǎo pó)= Istriku dan老公(lǎo gōng)= Suamiku juga banyak digunakan oleh pasangan muda-mudi untuk memanggil pacarnya. Seperti anak alay di Indonesia yang suka menggunakan istilah papa mama dalam pacaran.

7. 傻瓜(shǎ guā)= Oon

傻瓜(shǎ guā)sebenarnya berarti bodoh, tetapi kata ini juga kadang digunakan untuk memanggil pacar. Kata ini lebih banyak dipakai untuk cowok untuk memanggil ceweknya yang kelihatan polos dan comel. Saya gunakan istilah BOBOMEL (bodoh bodoh comel). Tentunya penggunaan kata ini berbeda ketika kita menggunakan kata 傻瓜(shǎ guā:Idiot) untuk memarahin seseorang.

#Bonus
(yáng)
Kata ini mimin kasih bonus untuk kalian. Kalau diucapkan mirip ketika kamu manggil pacarmu yang. kata(yáng)juga bernada dua, biasa saya sebut nada dua sebagai nada mesra. Jadi ketika mengucapkan kata(yáng)terdengar sangat mesra sekali. Tetapi jika kamu mempunyai pacar orang Taiwan atau orang Cina, jangan sekali-kali kamu memanggil dia dengan kata ini. Pasti dia akan marah jika mendengarnya. Penasaran arti kata ini, silahkan kamu untuk mencarinya di google translate.

Baca juga jenis cinta dan hubungan dalam bahasa mandarin di sini (12 Jenis Cinta dan Hubungan dalam Bahasa Mandarin)

12 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Yang 羊 kan kambing 🤣🤣

Balas Hapus
.

Haha... Iyalah pasti marah karena yang itu kambing 🤣🤣

Balas Hapus
.

yang ki ki wedus 🤣🤣🤣

Balas Hapus
.

Iya kan yang artinya kambing 😁

Balas Hapus
.

Itu Yang buat kambing bapak 😂😂

Balas Hapus
.

Itu Yang buat kambing bapak 😂😂

Balas Hapus
.

Itu Yang buat kambing bapak 😂😂

Balas Hapus
.

Itu Yang buat kambing bapak 😂😂

Balas Hapus