12 Jenis Cinta dan Hubungan dalam Bahasa Mandarin




1.一见钟情 (yī jiàn zhōng qíng)= Cinta Pada Pandangan Pertama (Love at first sight)
Cinta pada pandangan pertama dalam bahasa mandarin adalah一见钟情 (yī jiàn zhōng qíng). Jika ditelaah kata 一见(yī jiàn) berarti perjumpaan pertama, sedangkan 钟情 (zhōng qíng) berarti perasaan cinta yang dalam.

2. 一夜情(yī yè qíng) = Cinta Satu Malam ( one night stand)
一夜(yī yè) secara harfiah berarti satu malam sedangkan (qíng) berarti cinta atau perasaan. Istilah cinta ini merujuk kepada petualangan seks semalam cinta satu malam, bersama orang yang baru dikenal dan berakhir di ranjang.

3.正式关系 (zhèng shì guān xì) = Hubungan Serius (Serious Relation)
Hubungan yang memiliki komitmen untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

4. 异地恋(yì dì liàn) = Hubungan Jarak Jauh / LDR (Long Distance Relationship)
异地(yì dì) secara harfiah berarti berbeda tempat sedangkan(liàn) berarti cinta. Hubungan antara dua insan yang terpisah oleh jarak, mungkin saja disebabkan oleh pekerjaan ataupun karena menempuh pendidikan.

5.三角恋 (sānjiǎo liàn) = Cinta Segitiga (Love triangle)
三角(sān jiǎo) secara harfiah berarti segitiga sedangkan (liàn) berarti cinta. Hubungan cinta yang rumit melibatkan 3 orang.

6.单恋(dān liàn) = Cinta sepihak / cinta tak terbalas (one’s sided love)
(dān) secara harfiah berarti sendirian sedangkan(liàn) berarti cinta. Hubungan cinta dimana si cowok mencintai seorang cewek tetapi cewek tersebut tidak ada perasaan dengan si cowok ataupun sebaliknya.

Jangan dilewatkan juga, Istilah dalam pacaran dalam bahasa mandarin di sini ((24 Istilah Slang Bahasa Mandarin dalam Pacaran, Kencan dan Rumah Tangga)

7.姐弟恋(jiě dì liàn) = Hubungan cinta antara wanita yang lebih tua dengan pria yang lebih muda (love between an older woman and a younger man)
(jiě) berarti kakak perempuan sedangkan(dì) adalah adik laki-adik. Istilah ini menunjuk kehubungan cinta antara wanita yang lebih tua  dengan pria yang lebih muda usianya. Bagi beberapa orang pria, ini merupakan hubungan yang ideal karena mendapat sosok wanita yang lebih mengayomi, lebih dewasa dan pengertian.

8.旧情复燃(jiù qíng fù rán) = Cinta Lama Bersemi Kembali / CLBK (Old Love Rekindle) 
旧情(jiù qíng) berarti cinta lama sedangkan复燃(fù rán) berarti menyala kembali. Dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai CLBK alias cinta lam bersemi kembali.

9. 网恋(wǎng liàn) = Hubungan Kencan di Internet (Internet Dating)
(wǎng) secara harfiah berarti internet sedangkan(liàn) berarti cinta. Istilah ini merujuk ke hubungan 2 insan melalui internet kemudian berkomitmen mengikat hubungan, dan suatu saat mereka akan membuat janji bertemu di dunia nyata, bukan di dunia maya lagi.

10.初恋(chū liàn) = Cinta Pertama (First Love)
Kata (chū) berarti pertama. Bagi banyak orang, cinta pertama merupakan cinta yang paling berkesan dan tidak dapat dilupakan. Bagaimana bagimu?

11.同性恋(tóng xìng liàn) = Hubungan Gay / Lesbi (Gay / Lesbian relationship)
同性(tóng xìng) secara harfiah berarti sejenis sedangkan(liàn) berarti cinta. Istilah ini merujuk ke cinta antara wanita dan wanita (lesbi) atau pria dan pria (homoseksual).

12.苦恋(kǔ liàn) = Cinta yang penuh dengan kepahitan / rintangan (Hard love)
(kǔ) secara harfiah berarti pahit. Hubungan percintaan setiap orang tidaklah sama. Ada hubungan yang penuh dengan rintangan, tidak disetujui orang tua, ada pihak ketiga, atau masalah lainnya. Dalam bahasa mandarin gunakanlah istilah苦恋(kǔ liàn) untuk menjelaskannya.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar