12 Permainan Papan (Board Games) dalam Bahasa Mandarin



Permainan papan merupakan jenis permainan yang dimainkan di atas papan yang khas bagi permainan tersebut. Seperti hiburan lainnya, permainan papan dapat menggambarkan subyek apapun. Ayo kita pelajari permainan berikut dalam bahasa mandarin.


1.(qí)= Catur (Chess)
Kata kerja untuk(qí) adalah(xià) , jadi 下棋(xià qí) berarti bermain catur.

2.象棋(xiàng qí) = Catur Cina (Chinese Chess)

3.七巧板(qī qiǎo bǎn) = Tangram
七巧板(qī qiǎo bǎn) merupakan permainan papan yang berbentuk persegi yang didalamnya terdapat 7 kepingan kayu: 5 kepingan segitiga dan dua kepingan segiempat.

4.黑白棋(hēi bái qí) = Othello (Reversi)
Othello merupakan permainan papan dengan dua warna bidak yaitu putih dan hitam. Tujuan dari permainan ini adalah sebisa mungkin pemain harus mengubah warna bidak lawan menjadi warna yang sama dengan dirinya. Akhir dari permainan ini adalah pemain yang memiliki warna paling banyak, dialah yang menang.

5.英国十字戏 (yīng guó shí zì xì) = Ludo
Ludo adalah permainan papan yang dimainkan oleh 4 orang, permainan ini mengharuskan pemainnya untuk melempar sebuah dadu untuk menentukan seberapa banyak langkah yang dapat mereka lakukan. Pemenang ditentukan apabila pemain berhasil mengumpulkan seluruh pion kembali ke rumah.

6.围棋(wéi qí) = Catur Go, Igo, Weiqi
围棋(wéi qí) atau Go merupakan permainan papan yang dimainkan oleh 2 orang dengan bidak hitam dan putih. Kedua pemain, hitam dan putih, bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari penangkapan.

7.蛇梯棋(shé tī qí) = Ular Tangga (Snake and Ladder)

Ayo di intip juga nama binatang lain selain ular dalam bahasa mandarin di sini (A-Z 172 Nama Hewan dalam Bahasa Mandarin dan Inggris)

8.低产大亨(dī chǎn dà hēng) = Monopoli (Monopoly ->Game)
Penggunaan kata ini di Taiwan untuk menyebut permainan monopoli.

大富翁 (dà fù wēng) = Monopoli (Monopoly ->Game)
Kata ini digunakan di Tiongkok daratan untuk menyebut permainan monopoli.

9.西洋跳棋(xī yáng tiào qí) = Checker
Permainan papan yang dimainkan oleh dua orang. Untuk meraih kemenangan, pemain harus memakan bidak lawan dengan cara melompati bidak lawan dengan bidak kita.

10. 中国跳棋(zhōng guó tiào qí) = Chinese Checker
Permainan papan yang dapat dimainkan 2 sampai 6 orang. Papan yang digunakan berbentuk bintang dengan 6 sudut, tujuan permainan ini adalah memindahkan bidak-bidak ke sudut bintang di seberangnya yang dinamakan sebagai rumah. Walaupun namanya Chinese checker tetapi permainan ini tidak berasal dari Tiongkok

11.双陆棋(shuāng lù qí) = Backgammon
Backgammon adalah sebuah permainan papan untuk dua pemain. Setiap pemain memiliki lima belas biji yang digerakkan di atas papan yang terdiri dari duapuluh empat segitiga menurut lemparan dua dadu. Tujuan permainan adalah menjadi pemain pertama yang menempatkan semua bijinya di luar papan permainan

12.妙探寻凶(miào tàn xún xiōng) = Cluedo
Cluedo adalah permainan papan Amerika yang bertema tentang pembunuhan. Inti dari permainan adalah untuk menemukan siapa yang membunuh Tuan Boddy, dimana pembunuhan terjadi, dan apa yang dipakai untuk membunuh. Pada awal permainan pemain dapat memilih salah satu tersangka untuk dimainkan, kemudian setiap tersangka dapat berdiri di posisi start mereka masing-masing. Kemudian tiga kartu dipilih dari dek kartu untuk menentukan pembunuh,senjata, dan ruang. Kartu-kartu tersebut akan diletakkan di sebuah amplop spesial sehingga setiap pemain tak bisa melihat kartu tersebut. Pemain dapat mengocok dadu sesuai giliran mereka, kemudian mereka dapat berjalan di papan dan mulai memasuki ruangan untuk membuat saran. [wikipedia]

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar