6 Cara Menyebut Taik/Tahi/Tinja dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana menyebut kata “tinja” dalam bahasa mandarin. Tinja atau feses atau dalam bahasa kasarnya disebut tahi adalah produk buangan saluran pencernaan hewan atau manusia yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka(wikipedia). Ada beberapa cara menyebut tahi atau taik dalam bahasa mandarin, ada cara penyebutan kasar maupun halus dalam bahasa mandarin.

1. 大便(dà biàn)
大便(dà biàn)mungkin adalah kata yang paling sering dipakai untuk menyebut tahi dalam bahasa mandarin. Kata 大便(dà biàn) secara harfiah berarti kotoran besar, dalam hal ini menunjuk ke tinja sedangkan kata 小便(xiǎo biàn) secara harfiah berarti kotoran kecil atau berarti kencing.

Contoh
你的大便里有血吗?
Nǐ de dà biàn li yǒu xuè ma?
Apakah di tinjamu ada darah?

Selain itu kata 大便(dà biàn)juga bisa berarti sebagai kata kerja yaitu buang air besar.
Contoh
我要大便
Wǒ yào dà biàn
Saya ingin buang air besar

2. 屎(shǐ)
Kata lain yang juga berarti tahi, kotoran dalam bahasa mandarin adalah 屎(shǐ). Kata ini bisa juga digunakan untuk kotoran hewan seperti 老鼠屎(lǎo shǔ shǐ) = kotoran tikus.
Contoh
他不小心踩到狗屎
Tā bù xiǎoxīn cǎi dào gǒu shǐ
Dia tidak sengaja menginjak taik anjing

Selain itu kata 屎(shǐ) juga digunakan untuk menyebut kotoran dalam tubuh manusia.
Misal
眼屎(yǎn shǐ) = taik mata
耳屎(Ěr shǐ) = taik telinga
鼻屎(bí shǐ) = taik hidung

3. 大恭(dà gōng)
大恭(dà gōng) kata ini juga berarti feses atau tahi. Ketika seseorang ingin buang air besar maka boleh juga mengatakan 出大恭(chū dà gōng) dalam bahasa mandarin. Frasa ini agak jarang dipakai.

4. 粪(fèn)
Kata lain yang juga berarti tahi dalam bahasa mandarin adalah 粪(fèn). Sebagai contohnya kita sering mendengar kata 牛粪(niú fèn) yang berarti kotoran sapi. Selain itu ada pepatah 一朵鲜花插在牛粪上(yī duǒ xiānhuā chā zài niú fèn shàng), secara harfiah berarti sekuntum bunga segar menancap di kotoran sapi. Pepatah ini mengambarkan seorang wanita cantik yang berpasangan dengan pria yang jelek atau menggambarkan pasangan yang mempunyai kemampuan yang sangat jauh perbedaannya.

5. 便便(bián bián)
便便(bián bián)merupakan cara halus untuk menyebut kotoran/taik dalam bahasa mandarin. Frasa ini juga sering dipakai oleh anak kecil untuk menyebut tahi,

6. 粑粑(bā bā)
Hampir sama dengan yang di atas, frasa 粑粑(bā bā) juga merupakan cara halus yang sering digunakan oleh anak kecil untuk menyebut taik. 粑粑(bā bā) secara harfiah sebenarnya berarti kue tapi digunakan sebagai pengganti untuk menyebut taik dalam bahasa mandarin.

Begitulah 6 cara menyebut tahi/tinja/kotoran dalam bahasa mandarin. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa mandarin. Jangan lupa juga untuk membaca (5 Cara untuk Menyebut Payudara dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar