13 Istilah Suami dan Isteri dalam Bahasa Mandarin

Pernikahan adalah sebuah ikatan atas kesepakatan antara dua insan untuk menjalani kehidupan bersama. Keduanya berkomitmen bersama untuk saling bahu membahu mewujudkan tujuan hidup, memenuhi kebutuhan asasi manusia, serta menyempurnakan kebahagiaan hidup dalam bingkai rumah tangga. Berikut ini adalah istilah suami dan istri dalam bahasa mandarin.

1. 老公 (lăo gōng) 
Kata 老公 (lăo gōng) berarti suami dalam bahasa mandarin. Kata ini bahasa informal dalam bahasa mandarin tapi sering dipakai dalam percakapan sehari-hari untuk memanggil suami

Contoh kalimat
她的老公是医生
Tā de lǎogōng shì yīshēng
Suami dia adalah seorang dokter

2. 先生 (xiān sheng)
Kata lain yang juga berarti suami adalah kata 先生 (xiān sheng). Tetapi kata ini juga bisa berarti tuan jika digunakan untuk menyapa seseorang.
Misal :
李先生
Lǐ xiānshēng
Tuan Lee

Kata 先生 (xiān sheng) jika digunakan penyebutan hubungan keluarga maka artinya adalah suami

Contoh kalimat
我的先生不在家
Wǒ de xiānshēng bù zàijiā
Suami saya tidak ada di rumah

3. 丈夫 (zhàng fu)
Cara lain menyebut suami dalam bahasa mandarin adalah 丈夫 (zhàng fu). Frasa ini merupakan kata formal untuk menyebut suami dalam bahasa mandarin.

Contoh kalimat
他怀疑丈夫有外遇
Tā huáiyí zhàngfū yǒu wàiyù
Dia curiga suaminya ada selingkuhan.

4. 相公(xiàng gong)
相公(xiàng gong) merupakan kata klasik yang digunakan untuk menyebut suami di masa lalu. Kata ini jarang dipakai lagi di masa sekarang tetapi kamu masih bisa mendengarnya di film-film klasik Tiongkok atau film-film silat China

5. 孩子的爸爸(hái zi de bà ba)
Secara harfiah frasa 孩子的爸爸(hái zi de bà ba) berarti ayahnya anak-anak. Frasa ini secara tidak langsung menunjuk ke suami. Frasa ini sangat sering didengar dalam percakapan sehari-hari.
Contoh kalimat
孩子的爸爸还没下班
Háizi de bàba hái méi xiàbān
Ayahnya anak-anak belum pulang kerja

6. 男人(nán rén)
男人(nán rén) secara harfiah berarti laki-laki. Kata ini dapat juga merujuk ke pacar atau suami.

7. 老婆 (lăo pó)
Salah satu cara penyebutan istri dalam bahasa mandarin adalah 老婆 (lăo pó). Secara harfiah frasa 老婆 (lăo pó) berarti wanita yang akan menemani hidup bersama sampai tua. Frasa ini sangat lazim digunakan dalam percakapan mandarin sehari-hari.

Contoh kalimat
他的老婆已经过世三年了。
Tā de lǎopó yǐjīng guòshì sān niánle.
Istrinya sudah meninggal 3 tahun.

8. 妻子 (qī zi)
Cara penyebutan formal untuk menyebut istri dalam mandarin adalah 妻子 (qī zi). Kata 妻子 (qī zi) biasanya berpasangan dengan 丈夫 (zhàng fu) biasa disingkat menjadi 夫妻
(fū qī) yang berarti suami istri.

Contoh
他的妻子很会干事
Tā de qīzi hěn huì gànshi
Istri dia sangat pintar (bisa melakukan banyak hal)

9. 太太(tài tài)
Kata 太太(tài tài) mempunyai banyak arti seperti istri, nyonya. Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut isteri seseorang dalam bahasa mandarin

Contoh
小明的太太是一位教授
Xiǎomíng de tàitài shì yī wèi jiàoshòu
Istri Xiaoming adalah seorang profesor.

10. 夫人 (fū rén) 
Kata lain yang hampir mempunyai arti yang sama dengan 太太(tài tài) adalah 夫人 (fū rén). Kata ini juga adalah bahasa formal untuk menyebut istri dalam bahasa mandarin. Selain itu dapat juga digunakan untuk menyebut nyonya atau majikan perempuan.

Contoh kalimat
你的夫人好吗?
Nǐ de fūrén hǎo ma?
Bagaimana kabar isteimu?

11. 孩子的妈妈(hái zi de mā mā)
Secara harfiah frasa 孩子的妈妈(hái zi de mā mā)  berarti ibunya anak-anak. Frasa ini secara tidak langsung menunjuk ke istri. Frasa ini juga sangat sering didengar dalam percakapan sehari-hari.

12. 女人(nǚ rén)
女人(nǚ rén) secara harfiah berarti wanita. Frasa ini dapat digunakan untuk menyebut pacar perempuan ataupun istri.

13. 大老婆(dà lǎo pó)
Frasa 大老婆(dà lǎo pó) digunakan untuk menyebut istri pertama jika seseorang melakukan poligami. Secara harfiah berarti istri besar atau istri tua.

Contoh kalimat
他最害怕他的大老婆生气
Tā zuì hàipà tā de dà lǎopó shēngqì
Dia paling takut istri tuanya marah.

Itulah kata-kata dalam bahasa mandarin yang bisa dipakai untuk menyebut suami dan isteri dalam bahasa mandarin. Semoga bermanfaat!

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar