Cerita Pendek Mandarin: Kelinci Kecil Yang Mengerti Sopan Santun ~懂礼貌的小兔

炎热的夏天来了,小鸟在树上叫着:“热呀,热呀!”

美丽的小白兔穿着漂亮的花裙子,哼着歌,蹦蹦跳跳地上了桥。它要到对面去采蘑菇。

就在这时候,它看见对面的山羊伯伯也准备要过桥。小桥很窄,只能一个人过桥。

小白兔看见了,停下脚步,大声说:“山羊伯伯您先过桥吧!”说完,它就从桥上退了下来。

山羊伯伯戴着眼镜,拄着拐杖在桥上慢慢地走着。山羊伯伯一不小心差点摔到了,吓得小白兔大声地喊:“山羊伯伯,小心一点过桥!”

山羊伯伯过了桥,摸着小白兔的头夸奖道:“你真乖!”

Pinyin

Yánrè de xiàtiān láile, xiǎo niǎo zài shù shàng jiàozhe:“Rè ya, rè ya!”

Měilì de xiǎo bái tù chuānzhuó piàoliang de huā qúnzi, hēngzhe gē, bèng bèngtiào tiào dìshàngle qiáo. Tā yào dào duìmiàn qù cǎi mógū.

Jiù zài zhè shíhòu, tā kànjiàn duìmiàn de shānyáng bóbo yě zhǔnbèi yàoguò qiáo. Xiǎo qiáo hěn zhǎi, zhǐ néng yīgè rénguò qiáo.

Xiǎo bái tù kànjiànle, tíng xià jiǎobù, dàshēng shuō:“Shānyáng bóbo nín xiānguò qiáo ba!” Shuō wán, tā jiù cóng qiáo shàng tuìle xiàlái.

Shānyáng bóbo dài zhe yǎnjìng, zhǔzhe guǎizhàng zài qiáo shàng màn man de zǒuzhe. Shānyáng bóbo yī bù xiǎoxīn chàdiǎn shuāi dàole, xià dé xiǎo bái tù dàshēng de hǎn:“Shānyáng bóbo, xiǎoxīn yīdiǎnguò qiáo!”

Shānyáng bóboguòle qiáo, mōzhe xiǎo bái tù de tóu kuājiǎng dào:“Nǐ zhēn guāi!”

Terjemahan Bahasa Indonesia

Musim panas datang dan burung kecil berkicau di pohon: "Panas, panas!"

Kelinci putih yang cantik mengenakan gaun bunga yang indah, bersenandung lagu, melompat di atas jembatan. Ini akan pergi ke seberang untuk memilih jamur.

Pada saat itu, ia melihat bahwa paman kambing di seberangnya juga bersiap untuk menyeberangi jembatan. Jembatan itu sangat sempit dan hanya satu orang yang bisa menyeberang jembatan.

Kelinci putih itu melihatnya, berhenti dan berkata dengan suara keras, “Silakan Anda melewati jembatan dulu paman kambing!” Kemudian dia mundur dari jembatan.

Paman Kambing memakai kacamata dan memegang tongkat berjalan perlahan di jembatan. Paman dari kambing itu tidak hati-hati hampir terpeleset dan membuat kelinci terkejut, kelinci kemudian berteriak dengan keras, "Paman kambing, berhati-hatilah menyeberangi jembatan!"

Paman kambing telah menyeberangi jembatan, menyentuh kepala kelinci itu dan memuji: "Kamu  sangat baik!"

4 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar