5 Ucapan Natal dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, memasuki bulan desember, berarti natal dan tahun baru sudah mau tiba. Natal dalam bahasa mandarin adalah 圣诞节(shèng dàn jié). Teman-teman kita yang beragama nasrani pasti menyambutnya dengan rasa bahagia. Setiap natal pusat perbelanjaan mulai mendekorasi dengan dengan hiasan natal 圣诞饰品(shèng dàn shì pǐn), pohon natal 圣诞树(shèng dàn shù). Jangan lupa baca juga kosakata mandarin yang berhubungan dengan natal di sini (Kosakata Mandarin tentang Natal). Sekarang mari kita pelajari ucapan selamat natal dalam bahasa mandarin di sini. Selamat belajar!

1. 圣诞快乐(shèng dàn kuài lè) = Selamat Natal (Merry Christmas)
圣诞快乐(shèng dàn kuài lè) merupakan ucapan natal yang paling umum dalam bahasa mandarin. Kata圣(shèng)berarti suci merupakan kependekan dari kata圣人(shèng rén) yang berarti orang suci atau nabi. Kata 圣人(shèng rén) tidak hanya merujuk ke Yesus saja. Sedangkan kata诞(dàn) berarti kelahiran. Jadi圣诞快乐(shèng dàn kuài lè)secara harfiah berarti selamat berbahagia atas kelahiran orang suci(dalam hal ini merujuk ke kelahiran Yesus).

2. 耶诞快乐(yē dàn kuài lè) = Selamat Natal (Merry Christmas)
耶诞快乐(yē dàn kuài lè)merupakan ucapan natal yang lain dalam bahasa mandarin. Frasa 耶诞快乐(yē dàn kuài lè)lebih sering digunakan oleh umat kristen untuk saling mengucapkan selamat natal dalam bahasa mandarin. Kata耶(yē) merupakan kependekan dari耶稣(yē sū) yang berarti Yesus dalam bahasa mandarin. Secara harfiah耶诞快乐(yē dàn kuài lè) berarti selamat berbahagia atas kelahiran Yesus Kristus.

Berikut ini juga kalimat ucapan selamat natal yang bisa kamu gunakan:

3.在这美好的日子,没有华丽的词句,没有多情的言语,没有精美的礼品,有的只是朋友深深的祝福:圣诞快乐!
zài zhè měi hăo de rì zi, méi yŏu huá lì de cí jù, méi yŏu duō qíng de yán yǔ, méi yŏu jīng měi de lǐ pǐn, yŏu de zhǐ shì péng you shēn shēn de zhù fú: shèng dàn kuài lè!

Di hari yang indah ini, tidak ada kalimat yang begitu menakjubkan, tidak adalah kata-kata penuh rasa haru, tidak ada kado yang elegan, hanya ada ucapan tulus dari seorang teman: selamat natal!

Kalimat ucapan yang satu ini disertai rasa humor, karena kata natal 圣诞(shèng dàn) memiliki pelafalan yang hampir sama dengan kata bertelur 生蛋(shēng dàn)

4. 这些天来一直有个问题困惑着我:你明明不是鸡,为什么人人都要祝你生蛋(圣诞)快乐呢?
zhè xiē tiān lái yì zhí yŏu gè wèn tí kùn huò zhe wŏ: nǐ míng míng bú shì jī, wèi shén me rén rén dōu yào zhù nǐ shēng dàn (shèng dàn) kuài lè ne?

Beberapa hari ini ada satu pertanyaan yang membingungkan saya: kamu jelas jelas bukan seekor ayam, kenapa setiap orang harus mengucapkan selamat bertelur(natal) kepadamu?

5.每 一 朵雪花飘下,每一个烟火燃起,每一秒时间流动,每一份传送都代表着我想送你的每一个   祝福:圣诞快乐!
měi yì duǒ xuěhuā piāo xià, měi yí ge yān huǒ rán qǐ, měi yì miǎo shí jiān liúdòng, měi yí fèn sīniàn chuán sòng. dōu dài biǎo zhe wǒ xiǎng sòng nǐ de měi yí ge zhùfú: shèng dàn kuài le!

Setiap kepingan salju yang melayang, setiap kembang api yang dinyalakan, setiap detik yang berjalan, semuanya melambangkan doa yang ingin saya berikan kepadamu: selamat natal!

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar