10 Panggilan Paman dan Bibi dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, kali ini kita masih akan membahas tentang anggota keluarga 家人(jiā rén). Anggota keluarga dalam bahasa mandarin merupakan bahasan yang lumayan rumit. Kali ini kita akan membahas mengenai panggilan paman dan bibi dalam bahasa mandarin. Berbeda dengan bahasa Indonesia dan Inggris, panggilan paman dan bibi sangat sederhana, seperti dalam bahasa Inggris kita hanya punya kata uncle dan aunty. Tetapi dalam bahasa mandarin panggilan paman dan bibi ada banyak dan pembagiannya sangat detail. Ayo kita bahas sekarang.

Bagian pertama kita akan tinjau dari pihak ayah terlebih dahulu.

1. 伯伯(bó bo)= Paman
伯伯(bó bo) merupakan panggilan kepada abang dari ayah. Harus diingat bahwa伯伯(bó bo) adalah panggilan paman kepada saudara laki-laki ayah yang umurnya lebih tua dari ayah. Saudara laki-laki ayah yang paling tua dipanggil大伯 (dà bó) atau paman tertua.

2. 伯母(bó mǔ)= Bibi
伯母(bó mǔ) merupakan panggilan kepada istri伯伯(bó bo)atau istri dari abang ayah.

3. 叔叔(shū shu) = Paman
叔叔(shū shu)merupakan panggilan kepada adik ayah atau saudara laki-laki ayah yang umurnya lebih muda dari ayah. Saudara laki-laki ayah yang umurnya paling muda dipanggil小叔(xiǎo shū) atau paman termuda.

4. 婶婶(shěn shen) = Bibi
婶婶(shěn shen) merupakan panggilan kepada istri叔叔(shū shu) atau istri dari adik ayah.

5. 姑姑(gū gū) = Bibi
姑姑(gū gū)merupakan panggilan kepada saudara perempuan ayah. Untuk bibi dari sebelah ayah, tidak dibedakan lagi umurnya yang lebih muda atau lebih tua. Semua saudara perempuan ayah, kita panggil姑姑(gū gū) dalam bahasa mandarin. Bibi yang paling tua dipanggil大姑(dà gū) sedangkan bibi paling muda dipanggil小姑(xiǎo gū)

6. 姑丈(gū zhàng) = Paman
姑丈(gū zhàng) adalah panggilan kepada suami dari 姑姑(gū gū) atau suami dari saudara perempuan pihak ayah.

Sekarang mari kita melihat dari pihak sebelah Ibu.

7. 舅舅(jiù jiu)= Paman
舅舅(jiù jiu)merupakan panggilan kepada paman dari pihak Ibu. Jadi semua saudara laki-laki Ibu dipanggil舅舅(jiù jiu). Paman yang paling tertua pihak Ibu dipanggil大舅(dà jiù) sedangkan paman yang paling muda dipanggil小舅(xiǎo jiù).

8. 舅妈(jiù mā) = Bibi
舅妈(jiù mā)merupakan panggilan kepada istri dari舅舅(jiù jiu) atau istri dari paman pihak Ibu.

9. 阿姨(ā yí)= Bibi
阿姨(ā yí)merupakan panggilan kepada bibi dari pihak Ibu. Jadi semua saudara perempuan Ibu, kita panggil阿姨(ā yí). Seperti biasa bibi yang paling tua kita panggil大姨(dà yí) dan yang paling muda kita panggil小姨(xiǎo yí).

10. 姨丈(yí zhàng)= Paman

姨丈(yí zhàng)merupakan panggilan paman kepada suami dari阿姨(ā yí) atau panggilan kepada suami dari saudara perempuan Ibu.

Semoga bermanfaat!

Baca juga panggilan kepada kakek dan nenek dalam bahasa mandarin di sini (Panggilan Kakek dan Nenek dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar