Panggilan Kakek dan Nenek dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, dalam bahasa mandarin panggilan kepada keluarga termasuk hal yang agak rumit dan detail.  Panggilan kakek dan nenek dalam bahasa mandarin dilihat berdasarkan dari keluarga ayah atau Ibu. Pemanggilannya juga berbeda di berbagai tempat. Berikut ini adalah panggilan kakek dan nenek dalam bahasa mandarin. Selamat belajar!

1. 爷爷(yé yé)= Kakek (Sebelah Ayah)
爷爷(yé yé) berarti kakek dalam bahasa mandarin.  爷爷(yé yé)  merupakan panggilan kepada kakek dari sebelah ayah. Sederhananya 爷爷(yé yé) merupakan ayahnya ayah.

2. 奶奶(nǎi nai) = Nenek (Sebelah Ayah)
奶奶(nǎi nai)berarti nenek dalam bahasa mandarin. 奶奶(nǎi nai) merupakan panggilan kepada nenek daari sebelah ayah. Kesimpulannya奶奶(nǎi nai) merupakan ibunya ayah

3. 外公(wài gōng) = Kakek (Sebelah Ibu)
外公(wài gōng)juga berarti kakek dalam bahasa mandarin. 外公(wài gōng) secara harfiah berarti kakek sebelah luar, maksudnya kakek dari sebelah ibu karena keluarga Ibu dalam budaya tionghoa dianggap sebagai keluarga luar. Sederhananya外公(wài gōng)merupakan ayahnya Ibu. Istilah ini banyak dipakai di Tiongkok bagian selatan dan Taiwan.

4. 外婆(wài pó) = Nenek (Sebelah Ibu)
外婆(wài pó) merupakan pasangan dari外公(wài gōng). 外婆(wài pó) berarti nenek dalam bahasa mandarin. 外婆(wài pó) secara harfiah berarti nenek sebelah luar, yaitu dari pihak Ibu jadi外婆(wài pó) adalah Ibunya Ibu.

5. 阿公(Ā gōng) = Kakek & 阿嬷(Ā mā) = Nenek
阿公(Ā gōng) dan阿嬷(Ā mā) merupakan panggilan lain kepada kakek dan nenek dalam bahasa mandarin. 阿公(Ā gōng)& 阿嬷(Ā mā) merupakan panggilan yang banyak digunakan di Taiwan.

6. 老爷(lǎo yé) = Kakek & 姥姥(lǎo lao)= Nenek
老爷(lǎo yé)& 姥姥(lǎo lao)adalah panggilan kepada kakek dan nenek dari sebelah Ibu. 老爷(lǎo yé)& 姥姥(lǎo lao)banyak dipakai di daerah Tiongkok Utara.

Untuk lebih jelas tentang pelafalannya silahkan untuk menyimak video berikut


Biar lebih mudah mengingatnya, hafalkanlah kalimat-kalimat berikut

爸爸的爸爸叫爷爷
Bà ba de bà ba jiào yé yé
Ayahnya Ayah dipanggil ye ye

爸爸的妈妈叫奶奶
Bà ba de mā mā jiào nǎi nai
Ibunya Ayah dipanggil nai nai

妈妈的爸爸叫外公
Mā mā de bà ba jiào wài gōng
Ayahnya Ibu dipanggil wai gong

妈妈的妈妈叫外婆
mā mā de mā mā jiào wài pó
Ibunya ibu dipanggil wai po


0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar