9 Jenis Gigi dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, Gigi dalam bahasa mandarin adalah 牙齿(yá chǐ). Kata牙(yá) maupun齿(chǐ) dua-duanya berarti gigi. Berikut ini adalah jenis-jenis gigi dalam bahasa mandarin.

1. 犬齿(quǎn chǐ)  atau 尖牙(jiān yá) = Gigi taring (Incine)

Gigi taring adalah gigi yang berguna untuk merobek-robek makanan serta mengoyak makanan. Gigi taring dalam bahasa mandarin adalah 犬齿(quǎn chǐ)  atau 尖牙(jiān yá). Kata犬齿(quǎn chǐ)   secara harfiah berarti gigi anjing sedangkan kata尖牙(jiān yá) secara harfiah berarti gigi tajam.

2.  门 (mén chǐ) = Gigi Seri (Incisor)
Gigi seri adalah gigi yang berfungsi untuk memotong makanan.  Gigi seri dalam bahasa mandarin adalah 门 (mén chǐ). Kata门 (mén chǐ) secara harfiah berarti gigi pintu, karena gigi seri berada di depan.

3. 大臼齿(dà jiù chǐ) = Gigi Geraham (Molar)
Gigi geraham adalah gigi yang berfungsi untuk menggiling makanan. Gigi geraham dalam bahasa mandarin adalah大臼齿(dà jiù chǐ) biasa disingkat menjadi 臼齿(jiù chǐ). Karena fungsi gigi geraham untuk menggiling makanan, gigi geraham disebut juga  磨牙(mó yá) yang berarti gigi giling.

4. 乳齿(rǔ chǐ) = Gigi Susu/ Gigi Sulung (Milk tooth / Baby tooth)
Gigi susu atau gigi sulung merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap. Gigi susu dalam bahasa mandarin adalah乳齿(rǔ chǐ) atau 乳牙(rǔ yá), kadang gigi susu juga di sebut sebagai奶牙(nǎi yá). Ketiga kata ini secara harfiah sama-sama berarti gigi susu. Gigi susu karena bersifat sementara, dalam bahasa mandarin disebut juga sebagai 暂牙(zàn yá) secara harfiah berarti gigi sementara.

5.恒齿(héng chǐ)= Gigi tetap (Permanent Teeth)
Gigi tetap atau gigi permanen adalah gigi yang tumbuh setelah gigi susu dan tidak akan digantikan oleh gigi lain sepanjang hidup. Gigi permanen dalam bahasa mandarin adalah恒齿(héng chǐ) atau恒牙(héng yá))

6. 智齿(zhì chǐ) = Gigi Bungsu (Wisdom Teeth)
Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-30 tahun. Gigi bungsu dalam bahasa mandarin adalah智齿(zhì chǐ) yang secara harfiah berarti gigi kebijaksanaan.

7. 假牙(jiǎ yá) = Gigi Palsu (Denture)
Gigi palsu dalam bahasa mandarin adalah假牙(jiǎ yá).

8. 暴牙(bào yá) = Gigi Tonggos (Bucktooth)
Gigi tonggos adalah gigi di mana letak lengkung dan sudut gigi (inklinasi) gigi depan bagian atas melebihi lengkung gigi depan bagian bawah.  Gigi tonggos dalam bahasa mandarin adalah暴牙(bào yá). Gigi tonggos kadang disebut juga sebagai gigi kelinci (bunny teeth) dalam bahasa mandarin yaitu兔牙(tù yá)

9. 虎牙(hǔ yá) = Gigi Gingsul
Gigi gingsul adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Gigi Gingsul dalam bahasa mandarin adalah虎牙(hǔ yá)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar