6 Panggilan Ibu dalam Bahasa Mandarin



Teman-teman Alien Mandarin, Ibu merupakan orang yang paling mulia di dalam hidup ini, dia rela berkorban demi anak-anaknya, bersusah payah membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Dalam bahasa mandarin terdapat banyak panggilan kepada Ibu. Sama seperti dalam bahasa Indonesia yang mempunyai banyak panggilan kepada Ibu seperti mama, emak, bunda, dll. Berikut ini adalah panggilan kepada Ibu dalam bahasa mandarin. Selamat belajar!

1. 妈妈(mā )= Mama
妈妈(mā ) merupakan panggilan kepada ibu yang paling lazim dalam bahasa mandarin. 妈妈(mā ) merupakan panggilan yang sangat banyak dijumpai dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Seorang ahli bahasa dari Rusia, Roman Jakobson, menyebutkan bahwa kata mama terjadi karena mulut bayi paling mudah menyebut mam mam mam.
Contoh
妈妈,我们很爱你
Māmā, wǒmen hěn ài nǐ
Ibu, kami sangat sayang kamu

2. 母亲(mǔ qīn)= Ibu
母亲(mǔ qīn) merupakan kata lain untuk memanggil Ibu dalam bahasa mandarin. Kata母亲(mǔ qīn) terdengar lebih formal.
Contoh
母亲节快乐
Mǔ qīn jié kuài lè
Selamat hari Ibu

3. 妈咪(mā mī)
妈咪(mā mī) merupakan kata panggilan untuk Ibu dalam bahasa mandarin yang berasal dari kata serapan inggris (mommy). Kata妈咪(mā mī) lebih sering dipakai oleh anak kecil dan jarang dipakai oleh anak laki-laki karena terkesan manja.
Contoh
别哭,妈咪在这里!
Bié kū, mā mī zài zhè lǐ!
Jangan menangis, ibu ada di sini !

4. (niáng) atau  阿娘(ā niáng)
(niáng) atau  阿娘(ā niáng) juga merupakan salah satu cara memanggil Ibu dalam bahasa mandarin. Kata(niáng) sering didengar di film silat klasik Tiongkok walaupun sekarang sudah jarang dipakai.

5. 阿母(ā mǔ)
阿母(ā mǔ)merupakan panggilan kepada Ibu yang sering didengar didaerah orang yang memakai logat hokian. Dalam bahasa hokian 阿母(ā mǔ) dilafalkan sebagai abu.

6. 老妈(lǎo mā)
老妈(lǎo mā) merupakan panggilan kepada Ibu yang juga sering didengar dalam bahasa percakapan sehari-hari. (lǎo) secara harfiah berarti tua sedangkan kata(mā)berarti Ibu. Kata(lǎo) sebenarnya digunakan untuk menghormati. Banyak sekali kata mandarin yang memakai kata(lǎo) untuk menghormati seseorang tetapi orang tersebut tidak harus sudah berumur atau tua. Contoh老板(lǎo bǎn: Bos), 老师(lǎo shī: guru).

Pelajari juga nama-nama anggota keluarga dalam bahasa mandarin di sini (Anggota Keluarga dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar