6 Panggilan Ayah dalam Bahasa Mandarin



Teman-teman Alien Mandarin, Ayah merupakan orang yang berjasa di dalam hidup ini, dia mendidik anak-anaknya, bersusah payah bekerja demi memberi nafkah kepada keluarga. Dalam bahasa mandarin terdapat banyak panggilan kepada ayah. Sama seperti dalam bahasa Indonesia yang mempunyai banyak panggilan kepada ayah seperti bapak, papa, papi, dll. Berikut ini adalah panggilan kepada ayah dalam bahasa mandarin. Selamat belajar!

1. 爸爸(bà ba)= Papa
爸爸(bà ba) merupakan panggilan kepada ayah yang paling lazim dalam bahasa mandarin. Kata 爸爸(bà ba) dilafalkan  pa pa, pelafalannya sedikit berbeda dengan pelafalan papa pada bahasa Indonesia karena dalam bahasa mandarin harus dilafalkan dengan nada.

Contoh
爸爸,你要去哪里?
Bà ba, nǐ yào qù nǎ lǐ?
Ayah, kamu mau pergi ke mana?

2. 父亲(fù qīn)= Ayah
父亲(fù qīn) merupakan kata lain untuk memanggil Ayah dalam bahasa mandarin. Kata父亲(fù qīn) terdengar lebih formal. 

Contoh
父亲节快乐
fù qīn jié kuài lè
Selamat hari Ayah

3. 爹地(diē dì)
爹地(diē dì) merupakan kata panggilan untuk Ayah dalam bahasa mandarin yang berasal dari kata serapan Inggris yaitu daddy. Kata爹地(diē dì) lebih sering digunakan oleh anak kecil atau panggilan istri kepada suami. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang memakai papi mami, dalam bahasa mandarin memakai istilah serapan Inggris yaitu daddy dan mommy

Contoh
妈咪问我:爹地,去哪里?
Mā mī wèn wǒ:“Diē dì, qù nǎ lǐ?”
Mami bertanya ke saya: “ Ayah (daddy), pergi ke mana?”

4. (diē)
(diē) juga merupakan salah satu cara memanggil ayah dalam bahasa mandarin. Kata(diē) sering didengar di film silat klasik Tiongkok walaupun sekarang sudah jarang dipakai. Kata(diē) biasanya berpasangan dengan kata(niáng) menjadi爹娘(diē niáng) yang berarti Ayah dan Ibu.

5. 阿爸(ā bà)
阿爸(ā bà) merupakan panggilan kepada Ayah yang sering didengar didaerah orang yang memakai logat hokian seperti di Taiwan.

6. (lǎo bà)
(lǎo bà)  merupakan panggilan kepada Ayah yang juga sering didengar dalam bahasa percakapan sehari-hari. (lǎo) secara harfiah berarti tua sedangkan kata(bà) berarti Ayah. Kata(lǎo) sebenarnya digunakan untuk menghormati. Banyak sekali kata mandarin yang memakai kata(lǎo) untuk menghormati seseorang tetapi orang tersebut tidak harus sudah tua seperti 老师(lǎo shī: guru). Kata(lǎo) juga digunakan untuk menyebut anggota keluarga lain seperti anak paling tua(sulung) disebut 老大(lǎo dà) dan anak bungsu disebut 老幺(lǎo yāo)

Baca juga panggilan Ibu dalam bahasa mandarin di sini (6 Panggilan Ibu dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar