10 Oleh-oleh Khas Indonesia dalam Bahasa Mandarin



Teman-teman Alien Mandarin, oleh-oleh dalam bahasa mandarin adalah 伴手礼(bàn shǒu lǐ) atau 纪念品(jì niàn pǐn). Bagi yang ingin membawa oleh-oleh untuk teman-teman yang berada di luar negeri, artikel ini mungkin bisa memberi sedikit ide. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Indonesia dalam bahasa mandarin. Selamat belajar!

1.蜡染(là rǎn) = Batik (Batik)
Batik dalam bahasa mandarin adalah 蜡染(là rǎn) sedangkan kain batik adalah 蜡染布(là rǎn bù). Kain batik merupakan kain kebanggaan Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Jadi kain batik merupakan oleh-oleh khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan.

2.可巴雅(kě bā yǎ) = Kebaya
Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni. Kebaya dalam bahasa mandarin adalah可巴雅(kě bā yǎ).

3. 宋谷帽(sòng gǔ mào) = Topi Songkok, Peci, Kopiah
Topi khas satu ini merupakan bagian pakaian nasional di Indonesia. Bagi kalangan orang Islam di Nusantara, songkok menjadi pemakaian kepala yang resmi ketika menghadiri upacara-upacara resmi seperti upacara perkawinan, salat Jumat, upacara keagamaan dan sewaktu menyambut Idul Fitri dan Idul Adha. Topi songkok atau peci dalam bahasa mandarin adalah宋谷帽(sòng gǔ mào)

4. 天贝(tiān bèi) = Tempe
Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan protein dan gizi. Kaum vegetarian dunia banyak menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Tempe dalam bahasa mandarin adalah 天贝(tiān bèi). Cara penerjemahan ini diambil dari bunyi pelafalan tempe dalam bahasa Indonesia sehingga terbentuk kosakata baru dalam bahasa mandarin.

5. 哇扬(wa yáng) = Wayang
UNESCO pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Teman-teman saya suka membawa wayang sebagai oleh-oleh karena selain ringan juga mudah dibawa. Wayang dalam bahasa mandarin adalah哇扬(wa yáng) sedangkan pergelaran/pertunjukkan wayang kulit dalam bahasa mandarin adalah哇扬皮影偶戏 (wa yáng pí yǐng ǒu xì)

6. 印尼泡面(yìn ní pào miàn) /印尼方便面(yìn ní fāng biàn miàn) = Mie Instan Indonesia
Siapa yang tidak tahu dengan kelezatan mie instan Indonesia yang sudah di ekspor ke lebih dari puluhan negara di dunia. Kalian yang pernah tinggal di luar negeri pasti pernah merasakan rindunya kepengen makan mie instan Indonesia. Selain mudah dibawa, juga praktis dijadikan oleh-oleh. Orang Taiwan menyebut mie instan sebagai泡面(pào miàn) sedangkan orang Tiongkok menyebut mie instan sebagai方便面(fāng biàn miàn)

7. 印尼零食(yìn ní líng shí) = Snack Indonesia
Ada berbagai snack dari Indonesia yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut ini makanan ringan khas Indonesia dalam bahasa mandarin
a. Dodol, dodol dalam bahasa mandarin adalah粿加蕉(guǒ jiā jiāo)
b. Bakpia, bakpia dalam bahasa mandarin adalah肉饼(ròu bǐng)

8. 印尼木雕(yìn ní mù diāo) = Pahatan Kayu khas Indonesia
Indonesia juga terkenal dengan berbagai kerajinan kayu, baik ukiran ataupun pahatan. Ukiran kayu patung, hewan, dll dapat ditemukan di berbagai daerah seperti bali, lombok, pulau komodo, dll. Ukiran kayu atau pahatan kayu dalam bahasa mandarin adalah木雕(mù diāo)


9. 印尼装饰品(yìn ní zhuāng shì pǐn) = Aksesoris Khas Indonesia
Bagi para cewek, tentu akan sangat pas jika kamu memberikan oleh-oleh berupa perhiasan. Indonesia sendiri memiliki ragam aksesoris khas nusantara di setiap wilayah seperti aksesoris perak di jogja, aksesoris khas dayak, dll. Aksesoris dalam bahasa mandarin adalah饰品(zhuāng shì pǐn)

10. 猫屎咖啡(māo shǐ kā fēi) = Kopi Luwak
Kopi luwak merupakan kopi khas Indonesia yang bergelar kopi termahal di dunia. Kopi ini bisa dijadikan oleh-oleh jika mempunyai budget yang banyak, karena harga termahalnya bisa mencapai USD100 per 450 gram. Oh my god, benar-benar bisa membuat kanker alias kantong kering. Kopi luwak dalam bahasa mandarin adalah猫屎咖啡(māo shǐ kā fēi)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar