10 Nama Bahasa dalam Bahasa Mandarin



Teman-teman Alien Mandarin, mandarin dari bahasa adalah 语言(yǔ yán) atau (wén) . Di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang dipakai penduduknya. Tapi setidaknya ada 10 bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Bahasa apa saja?

1.
中文(zhōng wén) = Bahasa Mandarin
Bahasa mandarin adalah
中文(zhōng wén), selain中文(zhōng wén)ada kata lain yang juga berarti bahasa mandarin(silahkan baca di sini: ). Bahasa Mandarin sebagai bahasa yang paling banyak digunakan sangatlah masuk akal karena penduduk Tiongkok memang terbesar di dunia sekitar hampir 1,2 miliar orang. Selain itu, keturunan China juga banyak bermigrasi ke negara-negara lain. Jadi belajar bahasa mandarin merupakan suatu keuntungan, karena probabilitas untuk bertemu seseorang yang bisa berbahasa mandarin adalah 1/6.  

2.
西班牙文(xī bān yá wén)/ 西班牙语(xī bān yá yǔ)= Bahasa Spanyol
Bahasa mandarin dari bahasa Spanyol adalah
西班牙文(xī bān yá wén) atau西班牙语(xī bān yá yǔ). Jika kita hanya melihat penutur asli, bahasa Spanyol memiliki sekitar 400 juta penutur lebih banyak dari penutur asli bahasa inggris . Banyak negara lho yang memakai bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari.

3.
英文(yīng wén)/ 英语(yīng yǔ) = Bahasa Inggris
Bahasa ini memiliki 360 juta penutur asli bahasa Inggris  dan setengah miliar yang berbicara sebagai bahasa kedua. Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan masyarakat industri saat ini dituntut untuk mahir dalam bahasa Inggris.Belajar bahasa inggris sangat membantu dalam bisnis, wisata dan hubungan internasional.  Bahasa mandarin dari bahasa inggris adalah
英文(yīng wén) atau英语(yīng yǔ)

4.
印地语(yìn dì yǔ) = Bahasa Hindi
Bahasa hindi merupakan bahasa utama penduduk India dan meliputi sejumlah dialek. Bagi penggemar film Bollywood pasti tertarik belajar bahasa ini.

5.
阿拉伯文(ā lā bó wén)/ 阿拉伯语(ā lā bó yǔ)= Bahasa Arab
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia, digunakan di Timur Tengah dan merupakan bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an.
 
6.
葡萄牙语(pú táo yá yǔ) = Bahasa Portugis
Portugal memang hanyalah sebuah negara yang kecil. Penyebaran bahasa Portugis mungkin terkait kolonisasi Eropa. Portugal menguasai wilayah-wilayah penting di Asia, Afrika dan Amerika Selatan dan kemudian menanamkan pengaruh kebudayaannya di sana.

7.
孟加拉语(mèng jiā lā yǔ) = Bahasa Bengali
Bahasa Bengali merupakan bahasa resmi Bangladesh. Penduduk Bangladesh diperkirakan sekitar lebih dari 170 juta orang

8.
俄语(è yǔ) = Bahasa Rusia
Dengan sekitar 170 juta penutur asli pada 2010, Rusia termasuk bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia.

9. 日语(rì yǔ)= Bahasa Jepang
Hampir sekitar 130 juta penutur asli Jepang tinggal di Jepang. Belajar bahasa jepang juga dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi kita loh.

10.
印尼语 (yìn ní yǔ) = Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia (印尼语) termasuk dalam rumpun bahasa melayu马来语(mǎ lái yǔ). Jadi bahasa Indonesia dan melayu hampir sama, hanya dialek yang sedikit berbeda.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar