Nama Planet dalam Bahasa Mandarin ( Names of Planets in Chinese)



Sumber: Wikipedia


a. 行星(xíng xīng) = Planet (Planet)

Berikut adalah nama-nama yang akan Alien Mandarin paparkan dalam bahasa mandarin. Dalam tata surya kita terdapat 8 planet, sedangkan pluto sudah dikeluarkan dari daftar nama planet tata surya dan dikelompokkan sebagai anggota planet kurcaci. Berikut adalah daftar nama 8 planet tata surya dalam bahasa mandarin:

水星 (shuǐ xīng) = Mercurius (Mercury)
金星 (jīn xīng) = Venus (Venus)
地球 (dìqiú) = Bumi (Earth)
火星 (huǒ xīng) = Mars   (Mars)
木星 (mù xīng)= Jupiter (Jupiter)
土星 (tǔ xīng) = Saturnus (Saturn)
天王星 (tiān wáng xīng) = Uranus (Uranus)
海王星 (hǎi wáng xīng) = Neptunus (Neptune)

Dapat kita lihat bahwa nama 5 planet pertama kecuali bumi memakai 5 elemen didalam penamaan planetnya. 5 elemen dalam bahasa mandarin yaitu 五行 (wŭ xíng). Orang Tiongkok jaman dahulu mempercayai bahwa fisik semesta terdiri dari 5 elemen ini. Kemudian konsep ini juga berkembang di pengobatan tradisional Tiongkok  untuk menjelaskan berbagai fenomena penyakit.

b. 五行 (wŭ xíng) = 5 Elemen

(shuǐ) = Air (Water)
(jīn) = Logam (Metal)
(tǔ) = Tanah (Earth)
(huǒ) = Api (Mars)
(mù)= Kayu (Wood)

(jīn)  selain berarti logam juga bisa berarti emas atau uang, tetapi dalam unsur 5 elemen(jīn) adalah unsur logam.

Penamaan 5 planet ini memakai 5 elemen erat kaitannya dengan posisi mereka yang dekat dengan bumi dan bisa dilihat dengan mata telanjang oleh astronomer Tiongkok zaman dahulu, dan orang Tiongkok zaman dahulu selalu menggunakan 5 elemen ini untuk menjelaskan berbagai fenomena di alam semesta ini.

Kemudian dua planet yang lain kemungkinan penamaannya berdasarkan pengaruh nama dalam bahasa inggris, Uranus adalah raja langit dalam mitologi Yunani, dalam bahasa mandarin天王 (tiān wáng) berarti raja langit, jadi tidak aneh kalau Uranus dinamakan sebagai planet raja langit atau天王星 (tiān wáng xīng). Dan menurut mitologi Romawi, Neptunus merupakan raja laut dalam bahasa mandarin adalah 海王(hǎi wáng), sehingga planet Neptunus dinamakan sebagai海王星 (hǎi wáng xīng).

Sedangkan planet pluto pada tanggal 24 Agustus 2016 oleh Persatuan Astronomi Internasional dikategorikan sebagai planet katai atau planet kurcaci

Berikut ini adalah definisi planet katai dan ciri-cirinya berdasarkan kutipan dari wikipedia.

Planet katai atau planet kurcaci atau planet kerdil (bahasa Inggris: dwarf planet) adalah sebutan bagi benda-benda langit yang memutari matahari dalam Tata Surya yang sesuai dengan ciri-ciri berikut:
1.mengorbit mengelilingi matahari

2.mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan benda tegar (rigid body) sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat)

3.belum "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya

4.bukan merupakan satelit sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya
Berikut adalah nama-nama anggota planet kurcaci dalam bahasa mandarin :

c.矮行星(Ǎi xíng xīng) = Planet Kurcaci (Dwarf Planet)

谷神星(gǔ shén xīng)= Ceres (Ceres)
冥王星(míng wáng xīng) = Pluto (Pluto)
妊神星(rèn shén xīng) = Haumea (Haumea)
鸟神星(niǎo shén xīng) = Makemake (Makemake)
阋神星(xì shén xīng) = Eris (Eris)

Bagi teman-teman Alien Mandarin yang ingin mempelajari benda-benda di alam dalam bahasa mandarin silakan klik di sini (Benda-benda di Alam dalam Bahasa Mandarin dan Inggris)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar