7 Kata-kata Kasar Menggunakan kata 蛋(dàn) dalam bahasa mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, dalam setiap bahasa asing di dunia ini pasti terdapat kata-kata kotor untuk memaki seseorang. Beberapa kata kotor menyebutkan isi kebun binatang, ada juga yang menyebutkan anggota keluarga ataupun bagian tubuh tertentu. Ada baiknya kita bisa untuk me”manage” emosi kita ketika marah sehingga kita tidak perlu untuk mengucapkan kata-kata kasar begitu. Alien Mandarin memaparkan kata-kata kasar dalam bahasa mandarin bukan bertujuan mengajarkan sesuatu yang buruk kepada kalian tetapi lebih bertujuan ketika ada seseorang yang memaki kita dalam bahasa mandarin, kita bisa mengerti. Penyalahgunaan kata-kata kasar ini adalah diluar tanggung jawab dari Alien Mandarin. Mohon untuk menggunakan kata-kata di bawah dengan bijak dan arif.

Kata-kata kasar dengan kata (dàn) dalam bahasa mandarin

(dàn) secara harfiah berarti telur, kata ini sebenarnya tidak mengandung konotasi negatif. Tetapi dalam bahasa mandarin terdapat banyak sekali kata-kata kasar  yang menggunakan(dàn) untuk memaki seseorang .

a. 笨蛋 (bèn dàn) = Bodoh, Idiot

笨蛋 (bèn dàn) secara harfiah berarti telur bodoh, kata ini sering digunakan untuk memaki seseorang yang dianggap idiot.

Misal :
你是笨蛋啊!(nǐ shì bèn dàn a!)
Kamu idiot ya!

b. 王八蛋 (wáng bā dàn) = Bajingan, Bangsat

王八(wáng bā) awalnya berarti kura-kura , sebelum diganti oleh kata yang lebih modern yaitu乌龟(wū guī  : kura-kura), kemudian kata王八(wáng bā) berkembang menjadi bahasa gaul yang berarti seseorang suami yang di selingkuhin oleh istrinya atau orang bodoh. Ada ungkapan lain dalam bahasa mandarin yang digunakan untuk menggambarkan pria diselingkuhin pacar ataupun istri yakni 戴绿帽子 (dài lǜ màozi) = diselingkuhin (untuk membaca lebih lanjut silakan klik di 24 Istilah Slang Bahasa Mandarin dalam Pacaran, Kencan dan Rumah Tangga)

Penambahan kata(dàn) di akhir kata王八(wáng bā) memperburuk artinya sehingga王八蛋 (wáng bā dàn) berarti bajingan.

c. 坏蛋 (huài dàn) = Orang Jahat
坏蛋 (huài dàn) secara harfiah berarti telur busuk, telur rusak. Kata(huài ) sendiri bisa berarti rusak atau jahat.  Jadi kata坏蛋 (huài dàn) digunakan untuk menunjuk ke orang yang jahat, kadang bisa juga diartikan sebagai bajingan walaupun tidak sekasar seperti yang ada di poin b.

Misal:
那个小坏蛋还只有十九岁。
nàgè xiǎo huàidàn hái zhǐyǒu shíjiǔ suì.
Orang jahat(bajingan) kecil itu hanya baru berumur 19 tahun

d. 滚蛋 (gǔn dàn) = Enyah dari sini! Menyingkir !
滚蛋 (gǔn dàn) secara harfiah berarti telur menggelinding, kata (gǔn) itu berarti menggelinding. Ungkapan ini dipakai ketika sangat marah kepada seseorang dan ingin menyuruh dia segera pergi dari hadapan kita.

Misal:
给我滚蛋! (gěi wǒ gǔn dàn)
Enyah dari hadapan saya!

他希望那人赶快滚蛋(tā xīwàng nà rén gǎnkuài gǔndàn)
Dia berharap orang itu segera enyah(menyingkir)

e. 混蛋 (hún dàn) = Bajingan, Bangsat
kata混蛋 (hún dàn) secara harfiah berarti telur campur, memiliki arti bahwa ibu dari seseorang yang memiliki hubungan dengan 2 laki-laki dalam waktu yang berselang tidak lama. Jadi kata混蛋 (hún dàn) juga memiliki arti seperti bajingan atau bangsat

f. 捣蛋 (dǎo dàn) = Merusuh, Membuat Masalah
捣蛋鬼(dǎo dàn guǐ) = Tukang Rusuh, Pembuat Masalah
捣蛋 (dǎo dàn)  secara harfiah berarti menumbuk telur, menghantam telur, jadi kamu bisa dibayangkan apa yang terjadi ketika telur sengaja ditumbuk / dipecahkan. Walaupun ungkapan ini tidak sekasar ungkapan-ungkapan di atas, tetapi ungkapan ini bisa di pakai saat seseorang lagi marah.

Misal:

你是来捣蛋的吗?
Nǐ shì lái dǎodàn de ma?
Apakah kamu datang untuk merusuh?

Jika 捣蛋 (dǎo dàn)   berarti merusuh maka orang yang membuat masalah atau kerusuhan itu dinamakan sebagai捣蛋鬼(dǎo dàn guǐ). Kata (guǐ) sendiri berarti setan atau hantu.

Begitulah kata-kata kasar dalam bahasa mandarin yang menggunakan kata (dàn), mohon gunakan semua kata ini dengan bijak!

Untuk lebih jelasnya silakan untuk menonton video berikut ini 
 

2 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

kata - kata kasar yang gw cari sejak lama dan selalu aja gw lupa nyari (padhl udh buka gugel), tuh kata pertama (ben dan). gra2 habis nntn fallin love at first kiss, yang jiang yushu ngatain xiangqin bodoh pake 3 bahasa.

Balas Hapus
.

kata-kata kasar yg selalu pengen gw cari tuh di nomer pertama (ben dan). gra2 habis nonton fallin love at first kiss

Balas Hapus