20 Makanan Jepang dalam Bahasa Mandarin





Siapa yang suka sama makanan jepang? Makanan Jepang dalam bahasa mandarin adalah 日本料理(rì běn liào lǐ). Sudah siap dengan makanan Jepang yang Maknyusss. Ayo kita belajar nama masakan jepang dalam bahasa mandarin. Jangan ngences ya!


1. Nasi Kari Jepang (Japanesse Curry)
日式咖喱饭(rì shì gā lí fàn)
Nasi Kari Ala Jepang atau dikenal dengan nama Kare Raisu dalam bahasa Jepang

2.Nasi Goreng Jepang (Japanesse Fried Rice)
日式炒饭(rì shì chǎo fàn)
Nasi Goreng Jepang atau dikenal dengan nama Chahan dalam bahasa Jepang

3. Nasi Hayashi (Hayashi Rice)
香雅饭(xiāng yǎ fàn)
Nasi Hayashi adalah nasi putih yang dihidangkan dengan siraman kuah kental masakan daging sapi

4. Kamamaeshi
釜饭(fǔ fàn)
Kamamaeshi adalah nasi khas Jepang yang dimasak dalam sebuah pot tradisional (periuk). Ada orang yang menyebut kamamaeshi dengan nasi periuk juga. Nasi Kamamaeshi akan di topping dengan sayur, daging ayam ataupun Seafood.

5. Mochi
麻糬(má shǔ)
Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat

6. Ochazuke
茶泡饭(chá pào fàn)
Makanan Jepang satu ini berupa nasi putih dengan lauk sekadarnya yang dituangi air teh hijau.

7. Omurice
蛋包饭(dàn bāo fàn)
Omurice merupakan makanan berupa nasi putih yang digoreng bersama saus tomat dan dibungkus oleh telur goreng omelet

8. Onigiri
饭团(fàn tuán)
Onigiri atau Nasi Kepal Jepang adalah nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga atau bulat kemudian dibungkus dengan lembaran rumput laut.

9. Sushi
寿司(shòu sī)
Makanan Jepang satu ini berupa nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak

10. Soba
荞麦面(qiáo mài miàn)
Salah satu jenis mie jepang yang terbuat dari gandum kuda. Gandum kuda atau Soba merupakan sejenis tanaman yang bijinya sangat dikenal untuk diolah menjadi tepung. Berbeda dengan anggapan orang kebanyakan.

Ayo diintip juga nama masakan Indonesia yang tidak kalah lezat di sini (Daftar Terlengkap Masakan Indonesia / Makanan Indonesia dalam Bahasa Mandarin)

11. Udon
乌龙面 (wū lóng miàn)
Mie Udon adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar.

12. Ramen
日本拉面(rì běn lā miàn)
Ramen merupakan makanan mie kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok.

13. Champon
强棒面(qiáng bàng miàn)
Champon merupakan mie rebus yang terkenal dari kota Nagasaki.

14. Tempura
天妇罗(tiān fù luō) atau甜不辣(tián bù là)
Tempura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

15. Kushikatsu
串炸(chuàn zhà)
makanan asal daerah Kansai di Jepang berupa potongan kecil makanan laut, daging dan sayuran yang ditusuk dengan tusukan bambu yang dicelup ke dalam adonan tepung terigu dan dilapisi tepung panir sebelum digoreng di dalam minyak yang banyak

16. Shabu-Shabu
涮涮锅 (shuàn shuàn guō)
Makanan Jepang berupa irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, tahu yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan. Biasanya di makan dengan di cocol saus mengandung wijen yang disebut gomadare.

17. Takoyaki
章鱼烧(zhāng yú shāo)
Makanan berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya

18. Ayam Teriyaki (Chicken Teriyaki)
照烧鸡 (zhào shāo jī)
Makanan jepang yang berupa ayam yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mirin/gula beraroma rasa. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak

19.Sashimi
刺身(cì shēn) atau生鱼片(shēng yú piàn)
akanan Jepang berupa irisan daging ikan segar yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi

20.Bento
便当(biàn dang)atau盒饭(hé fàn)
Makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain.

#Bonus
Wasabi
芥末(jiè mò) atau 哇沙比(wa shā bǐ)

Wasabi sebenarnya bukan nama masakan jepang tapi pasta hijau yang biasa dimakan dengan sushi. Jangan lupa untuk mencicipi Wasabi ya! Rasanya enak, sesuai dengan lidah orang Indonesia yang suka makanan pedas. Haha ..

Ayo diintip nama minuman yang kamu suka setelah mencicipi makanan Jepang yang maknyus maknyus di sini (Nama Minuman dalam Bahasa Mandarin)


0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar