30 Nama Penyakit, Kelainan, Gangguan dan Disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 2




Halo teman-teman Alien Mandarin, bagi kalian yang sudah membaca nama nama penyakit, kelainan, gangguan dan disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 1, berikut adalah lanjutannya. bagi teman- teman yang belum membacanya silakan untuk membacanya di sini (50 Nama Penyakit, Kelainan, Gangguan dan Disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 1)

51. 心脏病发作(xīn zàng bìng fā zuò)= Serangan Jantung (Heart attack)

52. 肝炎(Gānyán)=  Hepatitis
* Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Di sini hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati, yang sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah, menjadi terganggu.

53. 甲型肝炎(jiǎ xíng gān yán) =  Hepatitis A
* Hepatitis A adalah suatu penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita; biasanya melalui makanan

54. 乙型肝炎(yǐ xíng gān yán) =  Hepatitis B
* Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

55. 丙型肝炎(bǐng xíng gān yán) =Hepatitis C
* Hepatitis C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang organ hati. Hepatitis C disebabkan oleh infeksi Virus Hepatitic C (VHC) yang dapat menyebabkan baik infeksi akut maupun kronis yang dapat diderita selama beberapa minggu sampai seumur hidup.

56. 丁型肝炎(dīng xíng gānyán) = Hepatitis D

57. 戊型肝炎(wù xíng gān yán) =  Hepatitis E

58. 疝气(shàn qì) = Hernia
*Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

59. 疱疹(pào zhěn)= Herpes

60. 人类免疫缺陷病毒(rén leì miǎn yì quē xiàn bìng dú) = HIV (Human Immunodeficiency Virus)

61. 人类乳突病毒(rén lèi rǔ tú bìng dú) = HPV (Human Papillomavirus):
*Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum. HPV adalah virus yang menyebabkan kutil kelamin. Selain menyebabkan kutil kelamin, infeksi HPV juga merupakan masalah baik bagi pria maupun wanita.

62. 亨丁顿舞蹈症(hēng dīng dùn wǔ dǎo zhèng)=Penyakit Huntington (Huntington’s disease)
*Penyakit Huntington merupakan penyakit turunan yang menyebabkan kerusakan sel-sel saraf di otak secara progresif (degenerasi). Penyakit Huntington berdampak luas terhadap kemampuan fungsional seseorang dan biasanya mengakibatkan gangguan gerakan, berpikir (kognitif) dan gangguan kejiwaan

63. 低血糖(dī xiě táng) = Hipoglikemia (Hypoglycaemia)
*Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Zat gula didapat dari makanan yang kita cerna dan serap. Molekul-molelul gula tersebut masuk ke dalam aliran darah untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh sel-sel yang ada di jaringan tubuh.

64. 流感(liú gǎn) /流行性感冒(liú xíng xìng gǎn mào) = Flu ( Influenza)

65. 黄疸病(huáng dǎn bìng) = Penyakit Kuning (Jaundice)

66. 学习障碍(xué xí zhàng ài) = Disabilitas Belajar (Learning disability)

67. 麻风病(má fēng bìng) = Kusta (Leprosy)

68. 白血病(bái xiě bìng) =  Leukaemia
* Leukemia adalah kanker sel darah yang memburuk. Pasien yang menderita penyakit ini akan memproduksi sel darah putih yang belum matang dalam jumlah besar, sehingga mencegah sel darah untuk melakukan tugas mereka. Kondisi ini dapat menimpa anak-anak dan orang dewasa.

69. 肺癌(fèi ái) = Kanker Paru-paru (Lung cancer)

70. 疯牛病(fēng niú bìng) = Penyakit Sapi Gila (Mad-cow disease)

71. 疟疾(nüè jí) = Malaria

72. 营养不良(yíng yǎng bù liáng) = Gizi buruk, Malnutrisi (Malnutrition)

73. 麻疹(má zhěn) = Campak (Measles)

74. 黑色素瘤(hēi sè sù liú) = Melanoma
* Melanoma adalah jenis penyakit kanker kulit paling serius yang berkembang dengan gangguan sel (melanosit) yang memproduksi melanin – pigmen yang menentukan warna kulit. Kebanyakan melanoma terlihat seperti tahi lalat baru, beberapa juga berkembang dari tahi lalat yang sudah ada

75. 脑膜炎(nǎo mó yán) = Meningitis:
*Meningitis adalah radang pada membran yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau juga mikroorganisme lain.

76. 智力障碍(zhìlì zhàng ài) /智能障碍 (zhì néng zhàng ài) = Keterbelakangan mental (Mental Retardation )

77. 多发性硬化症(duō fā xìng yìng huà zhèng) =  Multiple Sclerosis (MS)
* Multiple Sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, terutama otak, saraf tulang belakang, dan saraf mata. Ini adalah penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali dan penyesuaian otot.

78. 腮腺炎(sāi xiàn yán) = Penyakit Gondok (Mumps)

79. 肥胖(féi pàng) = Kegemukan, Obesitas (Obesity)

80. 强迫症(qiǎng pò zhèng) = Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)
* Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah sebuah kondisi psikologis yang ditandai dengan perilaku pengulangan yang disebabkan oleh ketakutan atau pikiran yang tidak masuk akal. Seseorang yang didiagnosis menderita OCD mungkin tidak menyadari kalau obsesinya tidak masuk akal. Namun, ia akan merasa harus melakukan tindakan tertentu untuk meredakan stres akibat kondisi tertentu.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar