30 Nama Penyakit, Kelainan, Gangguan dan Disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 3

Halo teman-teman Alien Mandarin, bagi kalian yang sudah membaca nama nama penyakit, kelainan, gangguan dan disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 1 dan Bagian 2, berikut adalah lanjutannya. bagi teman- teman yang belum membacanya bagian 2 silakan untuk membacanya di sini (30 Nama Penyakit, Kelainan, Gangguan dan Disabilitas dalam Bahasa Mandarin Bagian 2

81. 骨质疏松症(gǔ zhí shūsōng zhèng) = Osteoporosis:

82. 胰腺炎(yí xiàn yán)= Pankreatitis  (Pancreatitis)
* Pankreatitis adalah istilah bagi pembengkakan pankreas, sebuah kelenjar yang terletak di samping usus kecil dan di belakang lambung. Pankreas melepaskan enzim pencernaan ke usus kecil, yang memainkan peranan penting dalam membantu pencernaan makanan yang dikonsumsi seseorang.

83. 帕金森综合症(pà jīnsēn zònghé zhèng)= Penyakit Parkinson ( Parkinson’s Disease)
* Penyakit parkinson adalah kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan (motor system), terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamin. Penyakit parkinson berkembang secara bertahap, gejala awal dapat berupa tremor atau gemetaran ringan pada satu tangan.

84. 藏毛性疾病(cáng máo xìng jí bìng) =  Pilonidal disease  
* Penyakit Pilonidal adalah infeksi yang disebabkan oleh rambut yang melukai kulit di ujung atas dari celah diantara bokong

85. 肺炎(fèi yán)= Pneumonia:
* Pneumonia adalah infeksi paru-paru. Untuk penyakit pneumonia virus, infeksi disebabkan oleh virus, terutama virus influenza karena virus ini dapat melemahkan pertahanan paru-paru.

86. 小儿麻痹(xiǎo ér má bì) =  Polio (poliomyelitis; infantile paralysis)

87. 早泄(zǎo xiè) = Ejakulasi Dini (Premature ejaculation)

88. 前列腺癌(qián liè xiàn ái)= Kanker Prostat(Prostate cancer)

89. 创伤后压力症(chuāng shāng hòu yā lì zhèng) = Gangguan Stress Pasca Trauma/  Posttraumatic Stress Disorder (PTSD)
* PTSD adalah kondisi mental di mana Anda mengalami serangan panik yang dipicu oleh trauma pengalaman masa lalu.

90. 阴虱(yīn shī) = Kutu Kemaluan ( Pubic lice )

91. 狂犬病(kuáng quǎn bìng) = Penyakit Anjing Gila (Rabies)

92. 风湿病(fēng shī bìng) = Rematik (Rheumatism)

93. 鼻炎(bíyán) = Rinitis (Rhinitis)
*Rinitis adalah radang selaput hidung. Rinitis alergi ditandai dengan gejala kompleks yang terdiri dari kombinasi dari: Bersin, hidung tersumbat, gatal hidung, dan Rhinorrhea. Mata, telinga, sinus, dan tenggorokan juga dapat terlibat

94. 德国麻疹(dé guó má zhěn) = Campak Jerman /Rubella (German measles):
*Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi. Penyakit ini menyebabkan ruam merah dan suhu badan tinggi.

95. 败血症(bài xiě zhèng)= Sepsis (septicemia):
*Sepsis adalah komplikasi yang jarang terjadi namun sangat berbahaya dari suatu penyakit. Pada saat terjadi infeksi, tubuh kita akan menghasilkan berbagai senyawa kimia untuk melawan  infeksi tersebut. Senyawa-senyawa kimia yang dihasilkan ini akan mencetuskan suatu respon peradangan yang mengakibatkan serangkaian perubahan pada fungsi tubuh, sehingga terjadilah kerusakan berbagai sistem organ.

96. 严重急性呼吸系统综合症(yán zhòng jí xìng hū xī xì tǒng zòng hé zhèng) = Sindrom Gangguan Pernafasan Akut ( Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS))

97. 精神分裂症(jīng shén fēn liè zhèng) = Skizofrenia (Skizofrenia)
*Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Kondisi yang biasanya berlangsung lama ini sering diartikan sebagai gangguan mental mengingat sulitnya penderita membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.

98. 坏血病(huài xiě bìng) = Scurvy:
*Scurvy adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C yang serius. Selain daripada fungsi-fungsi yang dinyatakan sebelum ini,Vitamin C juga terlibat dalam pembentukan kolagen di dalam badan.kolagen bertindak menguatkan tisu seperti kulit,saluran darah,tulang rawan dan tulang.tanpa kolagen tisu-tisu ini rosak dan mendatangkan gejala kepada keseluruhan tubuh badan.

99. 皮肤癌(pífū ái) =Kanker Kulit (Skin cancer / skin neoplasm):

100. 腰椎间盘突出(yāo chuíjiānpán túchū)= Slipped disc

101. 天花病毒(tiān huā bìng dú) = Cacar (Smallpox)

102. 猪流感(zhū liú gǎn) = Flu Babi (Swine flu )

103. 中风(zhòng fēng) = Stroke

104. 梅毒(méi dú) = Sipilis/ Raja Singa (Syphilis )

105. 破伤风(pò shāngfēng) = Tetanus

106. 喉癌(hóu ái)= Throat cancer  (Kanker Laring)

107. 肺结核(fèi jié hé) = Tuberculosis (TB)
*Tuberkulosis adalah penyakit saluran nafas yang disebabkan oleh mycobacterium, yang berkembang biak di dalam bagian tubuh dimana terdapat banyak aliran darah dan oksigen

108. 扁桃体炎(biǎn táo tǐ yán) = Radang Amandel (Tonsillitis)
*Tonsilitis adalah penyakit faring yang menyebabkan radang amandel. Amandel dan adenoid adalah lini pertahanan pertama tubuh. Berada di bagian ujung tenggorokan, keduanya terdiri dari jaringan yang serupa dengan nodus limfa. Fungsinya adalah mencegah agar patogen penyebab penyakit tidak masuk ke tubuh.

109. 眩晕症(xuàn yūn zhèng) = Vertigo
* Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. S erangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama.

110. 百日咳(bǎi rìké) = Pertusis (Pertussis):
*Pertusis (Batuk Rejan, Whooping Cough) adalah infeksi bakteri pada saluran pernafasan yang sangat menular dan menyebabkan batuk yang biasanya diakhiri dengan suara pernafasan dalam bernada tinggi (melengking). Penyebabnya adalah bakteri Bordetella pertussis.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar