5 Peribahasa Mandarin tentang Keluarga

Berikut ini adalah 5 peribahasa mandarin tentang keluarga. Semoga bermanfaat~

1. 家家有本难念的经。(Jiā jiā yǒu běn nán niàn de jīnɡ.)
Secara harfiah peribahasa ini berarti setiap keluarga mempunyai sebuah kitab yang sulit. Maksud dari peribahasa ini adalah setiap keluarga mempunyai masalah dan persoalan hidup masing-masing. Dalam hidup setiap orang pasti mempunya permasalahan dan begitu juga dalam setiap keluarga.

2. 金窝,银窝,不如自家的狗窝。(Jīnwō, yínwō, bùrú zìjiā de ɡǒuwō.)
Secara harfiah berarti rumah dari emas, rumah dari perak tidak lebih baik dari rumah sendiri walaupun rumahnya seperti kandang anjing. Peribahasa ini menjelaskan semewah apapun rumah orang, itu tetap milik orang lain, lebih baik memiliki rumah sendiri walaupun terlihat seperti gubuk.

3. 有其父,必有其子。(Yǒu qí fù,bì yǒu qí zǐ.)
Secara berarti ada ayah pasti ada anak. Peribahasa ini setara dengan peribahasa like father, like son dalam bahasa Inggris. Peribahasa ini menjelaskan bahwa karakter dan sikap anak merupakan cerminan orang tua mereka. Anak yang penuh sopan santun lahir dari keluarga yang bersopan santun. Oleh sebab itu keluarga merupakan tempat pendidikan nomor satu dalam hidup, sebagai orang tua haruslah memberikan teladan dan contoh yang baik kepada anak.

4. 家丑不可外扬。(Jiāchǒu bù kě wài yánɡ.)
Secara harfiah berarti kejelekan dalam keluar jangan disebarkan diluar. Peribahasa ini menjelaskan bahwa aib keluarga, skandal di keluarga tidak perlu sampai diketahui oleh orang luar. Masalah keluarga merupakan masalah internal tidak perlu disebarkan keluarga. Secara sederhana peribahasa ini menjelaskan harus menjaga aib keluarga.

5. 不当家,不知柴米贵。(Bù dānɡjiā,bùzhī chái mǐ ɡuì.)
Secara harfiah berarti belum berkeluarga tidak tahu mahalnya harga kayu api dan beras. Peribahasa ini menjelaskan bahwa orang yang belum membangun rumah tangga tidak akan persis permasalahan yang dihadapi oleh orang yang sudah bekeluarga. Permasalahan itu bisa saja permasalahan ekonomi, keharmonisan, dll.


0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar