10 Hal Tabu/ Hal Yang Tidak Boleh DIlakukan di Tahun Baru Imlek


Teman-teman Alien Mandarin 祝你们春节快乐,身体健康, 万事如意,恭喜发财(yang belum mengerti ucapan selamat ini silakan dibaca di sini 17 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Mandarin). Pada artikel kali ini kita akan membahas hal-hal tabu yang tidak boleh dilakukan di hari imlek pertama. Hal tabu ini masih dipercaya sebagian masyarakat Tionghoa. Terlepas dari benar atau tidaknya, dikembalikan ke pribadi masing-masing. Tetapi tidak ada salahnya kita mengenal sedikit budaya Tionghoa tentang larangan atau hal tabu apa saja yang tidak boleh dilakukan pada hari imlek pertama atau 初一(chū yī).  Berikut ini adalah 10 hal tabu di Imlek hari pertama. 

1. 早饭不能吃稀饭和荤的食物,吃稀饭会让财运不旺,所以很多地方会吃干饭,这样来年才会富余。吃素则是为了表达对神地尊敬
Zǎofàn bùnéng chī xīfàn hé hūn de shíwù, chī xīfàn huì ràng cáiyùn bù wàng, suǒyǐ hěnduō dìfāng huì chī “gānfàn”, zhèyàng láinián cái huì fùyú. Chīsù zé shì wèile biǎodá duì shén de zūnjìng

Sarapan pagi tidak boleh makan bubur dan makanan daging, makan bubur akan membuat rejeki tidak bagus(bubur simbol kemiskinan), sehingga banyak tempat akan makan "nasi kering", jadi tahun depan akan makmur dan surplus. Sedangkan makanan vegetarian adalah untuk mengekspresikan rasa hormat kepada dewa.

2. 过年最好不要吃药,否则会初一吃药病一年
Guònián zuì hǎo bùyào chī yào, fǒuzé huì “chū yī chī yào bìng yī nián”

Tahun Baru sebaiknya tidak minum obat, kalau tidak maka dipercaya akan sakit sepanjang tahun

3. 不能动刀和剪刀,民间有初一动了刀和剪,口舌是非全难免的说法。
Bùnéng dòng dāo hé jiǎndāo, mínjiān yǒu “chū yīdòngle dāo hé jiǎn, kǒushé shìfēi quán nánmiǎn” de shuōfǎ.

Tidak boleh menggunakan pisau dan gunting, masyarakat percaya "jika Imlek hari pertama menggunakan pisau dan gunting, maka pertengkaran(bertengkar atau ribut dengan orang lain) sulit dihindari".

4. 大年初一不能借钱,民间有初一借了别人的钱,一年四季靠外援;初一借给别人钱,财产外流整一年的说法
Dà nián chū yī bùnéng jiè qián, mínjiān yǒu “chū yī jièle biérén de qián, yī nián sìjì kào wàiyuán; chū yī jiè gěi biérén qián, cáichǎn wàiliú zhěng yī nián” de shuōfǎ

Hari pertama Imlek tidak boleh meminjam uang, orang-orang percaya "hari pertama imlek meminjam uang dari orang lain maka akan bergantung pada bantuan dari luar sepanjang tahun; Imlek hari pertama meminjamkan uang, kekayaan akan mengalir keluar sepanjang tahun”

5. 过年期间不能扫地、倒污水,容易将自己的财气赶走
Guònián qíjiān bùnéng sǎodì, dào wūshuǐ, róngyì jiāng zìjǐ de cáiqì gǎn zǒu
Selama Tahun Baru Imlek tidak boleh menyapu lantai, membuat air bekas dipakai, karena dipercaya akan mengusir rejeki sendiri

6. 初一初二不能洗衣服,有一种说法是这两天是水神的生日
Chū yī chū èr bùnéng xǐ yīfú, yǒuyī zhǒng shuōfǎ shì zhè liǎng tiān shì shuǐshén de shēngrì
Hari pertama dan kedua Imlek tidak boleh mencuci baju karena menurut mitos, kedua hari ini adalah hari lahir dewa air.

7. 不能催促别人起床,否则会让对方一年都要催促别人做事情
Bùnéng cuīcù biérén qǐchuáng, fǒuzé huì ràng duìfāng yī nián dōu yào cuīcù biérén zuò shìqíng
Tidak bisa memanggil orang lain untuk bangun pagi, jika tidak maka akan membuat orang yang dipanggil akan harus mengomel/mengerutu orang lain bekerja sepanjang tahun.
(maksudnya di sini, jika dia bos, makanya dia harus memberi perintah kepada bawahan baru mereka mau bekerja, bawahan tidak mempunyai inisiatif sendiri)

8. 大年初一忌讳打碎盘子、碗等玻璃、陶瓷制品,如果不小心打碎了,要赶紧说一句碎碎平安,这样才能化险为夷
Dà nián chū yī jìhuì dǎ suì pánzi, wǎn děng bōlí, táocí zhìpǐn, rúguǒ bù xiǎoxīn dǎ suìle, yào gǎnjǐn shuō yījù “suì suì píng ān”, zhèyàng cáinéng huàxiǎnwéiyí

Hari Imlek pertama tabu memecahkan piring, mangkuk , gelas dan produk keramik. Jika tidak sengaja pecah, dengan cepat mengatakan "sui sui ping an" , sehingga bisa membalikkan hal buruk menjadi baik.

9. 大年初一早上忌洗澡、洗头、洗衣物,才不会将财富与财运洗掉
Dà nián chū yī zǎoshang jì xǐzǎo, xǐ tóu, xǐyī wù, cái bù huì jiāng cáifù yǔ cáiyùn xǐ diào
Pagi hari imlek pertama dilarang mandi, keramas, mencuci karena dipercaya bisa menyebabkan rejeki dan keberuntungan tercuci habis.

10. 大年初一的白天不能睡午觉,这样会使接下来的一年都特别懒惰,而且睡午觉对来拜访的客人来说,也是很不礼貌的
Dà nián chū yī de báitiān bùnéng shuì wǔjiào, zhèyàng huì shǐ jiē xiàlái de yī nián dōu tèbié lǎnduò, érqiě shuì wǔjiào duì lái bàifǎng de kèrén lái shuō, yěshì hěn bù lǐmào de

Hari pertama Imlek tidak boleh tidur siang, hal ini akan menyebabkan orang akan malas sepanjang tahun dan juga ketika ada tamu datang untuk bersilahturami, tuan rumah masih tidur siang dianggap sebagai hal yang kurang sopan.

Itu lah 10 hal tabu di hari Imlek pertama, sebenarnya masih banyak hal tabu lain yang tidak boleh dilakukan seperti menangis, berbicara jorok dan kasar, tidak boleh membunuh, tidak boleh memakai baju hitam dan putih(simbol duka cita), tidak boleh mengunjungin rumah sakit, dll. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman Alien Mandarin semuanya.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar