7 Tips Belajar Mandarin Bagi Pemula

1. Pelajari Pinyin
Pinyin adalah sistem romaninasi untuk bahasa mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Pinyin menjadi standar dunia dalam pengajaran maupun pembelajaran mandarin di seluruh dunia. Pinyin secara umum terdiri dari 3 bagian yaitu bagian awal (initial), bagian akhir (final) dan nada (tone). Walaupun dalam huruf roman (A-Z) namun pelafalan beberapa huruf berbeda dalam bahasa Indonesia (untuk lebih jelas silakan baca Belajar Pinyin). Menguasai pinyin akan membantu kita untuk lebih mudah dalam mempelajari bahasa mandarin karena pinyin bagaikan pondasi untuk membangun rumah (baca:bahasa mandarin).

2. Latihan Nada
Berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa mandarin merupakan bahasa nada (tone language). Artinya apa? Pelafalan dengan nada yang berbeda untuk suatu kosakata akan menyebabkan arti yang berbeda. Secara umum terdapat 5 nada dalam bahasa mandarin yaitu nada datar, nada naik, nada turun naik, nada turun dan nada ringan (untuk lebih jelas silakan Belajar Nada Bahasa Mandarin). Misalnya untuk kosakata ‘ma’ jika di baca nada satu berarti ibu (妈妈), tetapi jika di baca nada 3 berarti kuda (). Jadi sangat berbahaya jika melafalakan satu kosakata dengan nada yang salah. Misal ketika kamu ingin mengatakan “ibu saya adalah dia”, pelafalan nada yang salah mungkin saja akan menyebabkan kalimat menjadi “kuda saya adalah dia”.

3. Mulailah dengan kosakata dasar
Mulailah belajar dengan kosakata dasar yang sering digunakan dalam bahasa mandarin. Pelajari beberapa kosakata sederhana yang penting untuk diingat dan segera mulai berlatih mengingat dan mengucapkannya. Misalkan

a. nǐ hǎo = halo /hi , dilafalkan sebagai ni hao
b. zǎo ān = selamat pagi, dilafalkan sebagai cao an
c. zài jiàn = Sampai jumpa, dilafalkan sebagai cai cien
d. shì = iya atau adalah, dilafalkan she
e. bù = tidak, dilafalkan sebagai pu
f. xiè xiè = Terima kasih, dilafalkan sebagai sie sie

4. Latihan Pelafalan
Setelah menghafal kosakata dasar, lafalkan kosakata yang anda hafalkan. Sekarang banyak sekali kamus online maupun offline yang juga menyertakan audio pelafalan kata. Anda bisa mencoba download kamus seperti pleco. Jika anda sedang online, bisa untuk coba mendengarkan audio pelafalan katanya melalui google translate.

5.Putuskan untuk belajar Tradisional Chinese atau Simplified Chinese
Perlu anda ketahui sebagai pemula yang akan belajar bahasa mandarin. Tulisan kanji (han zi) mandarin ada dua jenis huruf yaitu huruf tradisional dan huruf sederhana. Huruf tradisional merupakan huruf yang memiliki guratan yang lebih banyak sedangkan huruf sederhana adalah huruf tradisional yang telah disederhanakan, biasanya guratannya lebih sedikit. Ada beberapa huruf mandarin yang huruf tradisional dan sederhana adalah saman. Berikut adalah contoh perbedaan huruf tradisional dan sederhana
Huruf tradisional untuk kuda : (mǎ)

Huruf Sederhana untuk kuda: (mǎ), guratannya lebih sedikit

Kedua jenis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Huruf tradisional digunakan di Taiwan, Hongkong dan Macau , sedangkan huruf sederhana digunakan di Tiongkok dan Singapura. Karena peran politik dari Tiongkok yang lebih besar, standar pembelajaran mandarin internasional semuanya menggunakan huruf sederhana.

6. Latihan Menulis dan Membaca
Dalam mempelajari suatu bahasa kamu tidak akan bisa lepas dari latihan mendengarkan, melafalkan, menulis dan membaca. Rajinlah untuk latihan menulis huruf kanji mandarin. Luangkanlah waktu sehari untuk belajar menulis huruf mandarin sebanyak 5 huruf.

Untuk membaca, saya sarankan untuk memilih buku text mandarin pemula yang berisi kosakata-kosakata dasar dan percakapan sederhana. Bacalah berulang-ulang agar kamu bisa mengingat hurufnya.

7. Tingkatkan Kemampuan Mendengarkan
Saran saya untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan adalah melalui mendengarkan lagu dan menonton film kartun berbahasa mandarin. Carilah lagu mandarin dan download lirik lagunya dalam pinyin, bacalah sambil mendengarkan lagunya. Kemudian untuk film kartun, bisa dicari di internet seperti youtube, downloadlah kartun mandarin dengan subtitle inggris atau Indonesia. Ketika menonton, kamu mendengarkan sambil membaca subtitle terjemahannya.

Selamat belajar, semoga sukses. Salam dari Alien Mandarin

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar