6 Cara Mengungkapkan Semoga Lekas Sembuh dalam Bahasa Mandarin



Teman-teman Alien Mandarin, ketika masuk musim panca roba mungkin banyak sekali teman-teman atau saudara kita yang sakit. Dalam bahasa mandarin ada beberapa cara untuk menyampaikan agar mereka cepat sembuh dalam bahasa mandarin.

1.早日康复  (zǎo kāng )  = Semoga Lekas Sembuh!
早日(zǎo ) secara harfiah berarti lekas atau segera, sedangkan kata康复  (kāng )  berarti pulih kembali atau sehat kembali. Dalam bahasa mandarin早日康复  (zǎo kāng )  merupakan pernyataan paling umum untuk mendoakan seseorang agar segera sembuh.

Pola yang paling umum dipakai adalah X早日康复 (zhù X zǎo rì kāng fù) di mana X di isi dengan nama orang ataupun subjek yang didoakan agar segera sembuh

Misal :
祝马丽早日康复 (zhù mǎ lì zǎo rì kāng fù)
Semoga Mary cepat sembuh!

祝奶奶早日康复 (zhù nǎi nai zǎo rì kāng fù)
Semoga Nenek cepat sembuh!

Cara lain adalah dengan menambahkan kata希望(xī wàng) yang berarti berharap.
Misal:

我希望你早日康复(wǒ xī wàng nǐ zǎo rì kāng fù)
Saya berharap kamu lekas sembuh

2. 快点好起来 (kuài diǎn hǎo qǐ lái) = Cepat Sembuh !
快点好起来 (kuài diǎn hǎo qǐ lái) merupakan cara untuk menyatakan agar seseorang cepat sembuh yang agak kurang formal. Kalimat ini bisa kamu pakai kepada teman-teman akrabmu atau orang-orang yang memiliki hubungan yang dekat dengan kamu.

快点 (kuài diǎn) secara harfiah berarti cepat sedangkan好起来 (hǎo qǐ lái) berarti baik kembali atau sembuh.

Misal
好朋友,快点好起来 (hǎo péng yǒu, kuài diǎn hǎo qǐ lái)
Teman baikku cepat sembuh!

3. 赶快好起来(gǎn kuài hǎo qǐ lái = Cepat Sembuh!
Cara lain untuk mendoakan atau mengungkapkan semoga seseorang cepat sembuh adalah赶快好起来(gǎn kuài hǎo qǐ lái. Kalimat ini hampir sama dengan yang nomor 2 dan sedikit kurang formal. Arti kedua ungkapan ini juga sama.

3 pernyataan diatas merupakan ungkapan yang kita katakan kepada seseorang yang mengalami sakit agak parah. Berikut ini adalah ungkapan yang kamu bisa pakai ketika orang-orang didekatmu mengalami sakit ringan seperti batuk atau flu.

4多休息duō xiūxí= Banyak Istirahat!
多休息duō xiūxí merupakan ungkapan perhatianmu kepada seseorang yang kecapekan ataupun seseorang yang mengalami sakit ringan.  Kata duōsecara harfiah berarti banyak sedangkan休息xiū xí berarti istirahat.

Misal:
小李,你的脸色看起来不,要多休息,不要生病
Xiǎo lǐ, nǐ de liǎnsè kàn qǐlái bu hǎo, yào duō xiūxí, bùyào shēngbìng
Xiao li, aura wajahmu tidak bagus, harus banyak istirahat, jangan sakit.

5. 多保重(duō bǎo zhòng) = Jaga Diri!
多保重(duō bǎo zhòng) merupakan ekspresi digunakan untuk memperhatikan kesehatan seseorang.

6. 小心别又着凉了(xiǎo xīn bié yòu zháo liáng le) = Hati-hati, jangan masuk angin lagi!
着凉(zháo liáng) dalam bahasa mandarin berarti masuk angin. Karena banyak sekali penyakit akan datang ketika kamu masuk angin seperti batuk, flu dan demam maka dalam mandarin para orang suka menasehati agar memakai pakaian yang lebih tebal ketika musim dingin tiba agar tidak masuk angin.

小心别又着凉了(xiǎo xīn bié yòu zháo liáng le) merupakan ungkapan yang bisa kamu pakai untuk mengingatkan seseorang agar lebih berhati-hati agar tidak masuk angin lagi.



0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar