5 Kata untuk Taksi dalam Bahasa Mandarin






Apakah anda termasuk yang suka menggunakan taksi atau lebih suka menggunakan transportasi publik seperti bus dan kereta? Jaman sekarang lagi ngetrend taksi online, selain efisien juga harganya tidak terlalu mahal. Kali ini kita akan membahas tentang cara menyebut taksi dalam bahasa mandarin. Dalam bahasa mandarin di tempat / daerah yang berbeda, penyebutan taksi berbeda-beda

1. 出租车(cchē) = Taksi
出租车(cchē)secara harfiah berarti kereta sewa. Oh ya! Sekedar pengetahuan saja, orang Malaysia menyebut taksi sebagai kereta sewa dalam bahasa melayu.

kata出租车(cchē) merupakan kata yang paling sering dipakai di Tiongkok untuk menyebut taksi. Tetapi kata ini memiliki arti yang berbeda di Taiwan. Di Taiwan kata出租车(cchē) berarti mobil rental. Jadi hati-hati dalam penggunaannya, gunakan kata yang tepat untuk tempat dan daerah yang berbeda.

2. 出租汽车(chū zū qì chē) = Taksi
 出租汽车(chū zū qì chē) sama seperti nomor 1 dalam versi lengkap. Tetapi karena orang lebih suka menyebut kata yang lebih pendek, kata出租车(cchē) lebih banyak digunakan daripada出租汽车(chū zū qì chē).

Contoh
我们打出租()车去机场
wǒmen dǎ chūzū (qì) chē qù jīchǎng
kami naik taksi ke bandara.

3. 计程车(jì chéng chē)= Taksi
(jì) secara harfiah berarti meteran, (chéng) bisa berarti perjalanan atau jarak, sedangkan kata(chē) adalah kereta. Jadi kata ini secara harfiah kira-kira berarti kereta yang dibayar berdasarkan meteran jarak perjalanan. Kata计程车(jì chéng chē) sangat lazim dipakai di Taiwan.

Contoh:
你快点叫一辆计程车
Nǐ kuài diǎn jiào yī liàng jìchéngchē
Kamu cepat panggil satu taksi.

4. 的士(dí shì) = Taksi
Kata lain untuk menyebut taksi dalam bahasa mandarin adalah的士(dí shì). Kata ini banyak digunakan di Hongkong, Macau dan Tiongkok bagian selatan seperti Guang Zou. Jadi ingat ketika kamu berwisata ke Hongkong , gunakan kata ini untuk memanggil taksi.

Contoh:
他招手叫一辆的士
tā zhāoshǒu jiào yī liàng dí shì
dia melambaikan tangan memanggil sebuah taksi.

5. 小黄(xiǎo huáng) = Taksi
小黄(xiǎo huáng) secara harfiah berarti si kuning kecil. Kata ini merupakan bahasa percakapan yang sering digunakan di Taiwan. Karena semua taksi di Taiwan berwarna kuning makanya mereka juga memanggil taksi dengan sebutan si kuning kecil.

# Bonus

摩的(mó dí)= Ojek (motorcycle taxi)
摩的(mó dí) adalah taksi motor atau di Indonesia lebih dikenal sebagai ojek. 摩的(mó dí) merupakan kependekan dari kata摩托车的士(mó tuō chē dí shì). Memang bagi

优步(yōu bù) = Uber
Uber adalah perusahaan jaringan transportasi online asal Amerika.

司机(sī jī) = Sopir
Kata paling umum untuk sopir dalam bahasa mandarin.

打的(dǎ di) = Naik Taksi
kata yang termasuk bahasa percakapan sehari-hari yang berarti naik taksi. Kata ini sering digunakan di Tiongkok

的哥(dí gē) = Sopir Laki-laki
的哥(dí gē)adalah sebutan untuk sopir taksi laki-laki

的姐(dí jiě) = Sopir Wanita
的姐(dí jiě) adalah sebutan untuk sopir taksi wanita.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar