13 Oleh-oleh Khas Taiwan dalam Bahasa Mandarin



 
Kue Nastar Taiwan
Sumber:Wikipedia


1. 铁蛋(tiě dàn) = Telur Besi (Iron eggs)

Telur besi atau铁蛋(tiě dàn)adalah makanan khas Taiwan yang konon berasal dari daerah Tamsui (Dansui). Telur yang direbus sangat lama dengan berbagai rempah akan menghasilkan warna hitam diluar dan tekstur yang kenyal.

2. 阿里山茶叶(ā lǐ shān chá yè) = Daun Teh Alishan (Ali Mountain Tea)

阿里山(ā lǐ shān) atau Gunung Ali merupakan gunung yang sangat terkenal di Taiwan berada di distrik Chiayi. Teh yang ditanam di gunung ini terkenal dengan kualitas dan aromanya.

3. 凤梨酥(fèng lí sū)= Nastar / Kue Nenas (Pineapple Cake)

Kue nastar atau凤梨酥(fèng lí sū) Taiwan terkenal dengan rasanya yang sangat enak. Berbeda dengan kue nastar Indonesia yang biasa berbentuk bulat atau lonjong, kue nastar Taiwan berbentuk seperti balok.

4. 牛轧糖(niú gá táng) = Permen Nougat
Permen Nougat Taiwan terkenal dengan kemanisan, kelembutan menjadi oleh-oleh favorit bagi pencinta nougat.

5. 太阳饼(tài yáng bǐng) = Biskuit Matahari (Sun Biscuit)

Bentuk biskuit ini bulat seperti matahari. Biskuit matahari atau太阳饼(tài yáng bǐng) merupakan oleh-oleh khas dari kota Taizhong (Taichong). Biasanya isi biskut ini adalah karamel gula tetapi sekarang dibuat variasi seperti isi abon, teh hijau, wijen, dsb.

6. 豆干(dòu gān) = Tahu Kering (Dried Tofu)

豆干(dòu gān) atau tahu kering merupakan tahu yang dikeringkan sehingga tidak ada kadar airnya. 豆干(dòu gān) paling terkenal berasal dari daerah Daxi , Taoyuan.

Baca juga makanan yang harus kamu icip-icip bila berwisata ke Taiwan (5 Makanan TOP Taiwan Yang Harus Kamu Cicipi!!)

7. 樱花虾(yīng huā xiā) = Udang Sakura (Sakura Shrimp)

Udang sakura atau樱花虾(yīng huā xiā)merupakan salah satu jenis udang yang hanya terdapat di Taiwan dan Jepang. Oleh-oleh ini terkenal dari daerah Pintong. Udang ini mengandung protein yang tinggi, dapat dipakai untuk nasi goreng, tumis sayur, isian pangsit dan sushi.

8. 台湾果冻(tái wān guǒ dòng) = Jelly Buah Taiwan (Taiwanese Fruit Jelly)

台湾果冻(tái wān guǒ dòng) atau Jelly buah Taiwan terkenal dengan berbagai varian rasa buah. Dengan tekstur yang menarik, kekenyalan yang pas dan rasa buah yang mengelegar digigitan membuat jelly buah Taiwan pantas dijadikan oleh-oleh.

9. 台湾蜂蜜千层蛋糕 (tái wān fēng mì qiān céng dàn gāo) = Kue Lapis Madu Taiwan (Taiwanese Honey Layer Cakes)

Kue lapis madu Taiwan yang sangat terkenal dari toko roti Amo cakes dapat dibeli di kota Taipei, Taichong dan Hsinchu. Kue lapis madu ini cocok dimakan dengan ditemanin oleh secangkir teh.

10. 麻糬(má shǔ) = Mochi
Mochi merupakan panganan khas Jepang yang dibawa pada masa penjajahan Jepang di Taiwan. Sekarang Mochi dapat di jumpai di mana-mana di Taiwan tetapi mochi yang enak dan terkenal berasal dari daerah Hualien.

11. 牛舌饼(niú shé bǐng) = Biskuit Lidah Sapi
Biskuit Lidah Sapi atau牛舌饼(niú shé bǐng) bukan terbuat dari lidah sapi tetapi karena bentuknya yang menyerupai lidah sapi. Biskuit ini merupakan oleh-oleh khas daerah Yilan.

12. 芋头酥(yù tou sū) = Biskuit Keladi (Taro Cookie)
Biskuit keladi yang paling terkenal di Taiwan berasal dari daerah大甲 (dà jiǎ)

13. 花生糖(huā shēng táng) = Permen Kacang (Brittle)

花生糖(huā shēng táng) atau permen kacang merupakan permen yang terbuat dari campuran dengan gula maltose dan gula pasir. Permen ini merupakan oleh-oleh terkenal dari daerah longtan, taoyuan.

Ada niat traveling ke korea, ayo sambil dipelajari makanan Korea dalam bahasa mandarin di sini (20 Makanan Korea dalam Bahasa Mandarin)

#Bonus
臭豆腐(chòu dòu fu)
Yang satu ini merupakan favorit mimin yaitu tahu busuk. Tahu yang difermentasi sehingga mengeluarkan aroma busuk. Pengolahan tahu ini bisa di goreng atau basah. Mimin lebih suka yang digoreng, tetapi sayang tidak bisa dijadikan oleh-oleh. Jangan lupa untuk mencobanya jika kamu berkunjung ke Taiwan. Pertama kali kamu coba mungkin tidak akan menyukainya karena baunya itu. Sama seperti ketika orang Taiwan pertama kali mencoba durian, yang katanya aromanya seperti bau gas atau bau toilet (padahal harum gitu). Tapi lama kelamaan kamu akan suka kok. Memang semua hal begitu, pertamanya sakit, sudah lama jadi nikmat kan... haha

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar