11 Jenis Narkoba dalam Bahasa Mandarin

Halo teman-teman Alien Mandarin, kali ini kita akan membahas tentang nama-nama jenis narkoba dalam bahasa mandarin. Ingat guys!! Tetap jaga hidup sehat dan jauhi narkoba. Selamat belajar

1. 大麻 (dà má) = Ganja (Marijuana)
Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal sebagai obat psikotropika karena adanya kandungan zat tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab).

2. 可卡因 (kě kǎ yīn) = Kokain (Cocaine)
Kokaina atau juga disebut sebagai kokain adalah senyawa sintesis yang memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat. Kokaina merupakan alkaloid yang didapatkan dari tumbuhan koka Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan. Daunnya biasa dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”.

3. 海洛因 (hǎi luò yīn) = Heroin (Heroine)
Heroin dalam bahasa mandarin disebut juga sebagai 白粉 (bǎi fěn: bubuk putih) karena warna yang putih kristal. Heroin adalah obat adiktif dengan sifat penghilang rasa sakit yang diproses dari morfen, sebuah zat yang terjadi secara alami dari opium poppy.

4. 鸦片 (yā piàn) = Opium
Opium, apiun, atau candu (slang Bahasa Inggris: poppy) adalah getah bahan baku narkotika yang diperoleh dari buah candu (Papaver somniferum L. atau P. paeoniflorum) yang belum matang.

5. 摇头丸 (yáo tóu wán) = Ekstasi (Ecstasy)
Ekstasi adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai obat rekreasi yang membuat penggunanya menjadi sangat aktif. Ekstasi biasanya hadir dalam dalam bentuk tablet berbagai warna dengan desain yang berbeda. Ekstasi juga dapat berupa bubuk atau kapsul.

Ayo dipelajari juga nama-nama obat dalam bahasa mandarin di sini (Nama-nama Obat dalam Bahasa Mandarin)

6. 迷幻剂 (mí huàn jì) = LSD / Acid (Lysergic Acid Diethylamide)
Asam lisergat dietilamida (LSD) merupakan jenis bahan kimia baru yang bersifat halusinogen. bahan kimia atau obat ini, berbentuk seperti kertas dan biasanya lekat dengan istilah psikadelik.

7. 迷幻蘑菇 (mí huàn mó gu) = Jamur Ajaib (Magic Mushroom)
Magic Mushroom (Jamur Ajaib) atau yang sering di sebut Jamur dari kotoran sapi atau kerbau. Magic Mushroom ini bisa mengakibatkan halusinasi yang berlebihan dan bergantung dengan mood dari pengkonsumsi itu sendiri, contoh simple jika mood sedang senang akan lebih senang dari sebelumnya, dan jika mood sedang sedih akan lebih sedih dari sebelumnya.

8. 氯胺酮(lǜ ān tóng) = Ketamin (Ketamine)
Ketamine merupakan narkoba alternatif yang dipakai sebagai pengganti bila terpaksa. Sehingga kedudukannya bukanlah sebagai narkoba pilihan utama. Ketamine merupakan narkoba sintetik yang dimasukkan dalam narkoba gollongan III jenis depresan. Dalam bahasa mandarin ketamin kadang disebut juga sebagai K (K fěn) atau Bubuk K.

9. 安非他命(ān fēi tā mìng) = Amfetamin (Amphetamine)
Amfetamina (Amfetamin) adalah obat golongan stimulansia (hanya dapat diperoleh dengan resep dokter) yang biasanya digunakan hanya untuk mengobati gangguan hiperaktif karena kurang perhatian atau Attention-deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada pasien dewasa dan anak-anak.

10. 甲基苯丙胺 ( jiǎ jī běn bǐng àn) = Sabu-sabu / Metamfetamina (Methamphetamine)
Sabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis . Dalam bahasa mandarin sabu-sabu mempunyai nama lain yaitu 冰毒 (bīngdú)

11. 吗啡(mǎfēi) = Morfin (Morphine)
Morfin adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat dan merupakan agen aktif utama yang ditemukan pada opium. Morfina bekerja langsung pada sistem saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit. Efek samping morfina antara lain adalah penurunan kesadaran, euforia, rasa kantuk, lesu, dan penglihatan kabur. Morfina juga mengurangi rasa lapar, merangsang batuk, dan meyebabkan konstipasi. Morfina menimbulkan ketergantungan tinggi dibandingkan zat-zat lainnya

Thanks wikipedia untuk definisi istilah-istilah di atas.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar