3 Aplikasi Kamus Bahasa Mandarin Yang Bisa Membantu Kamu Meningkatkan Kemampuan Bahasa Mandarinmu



Halo teman-teman Alien Mandarin, ketika kamu belajar bahasa asing apapun, kamu pasti akan menghadapi kesulitan ketika bertemu dengan kosakata baru. Apa yang kita butuhkan saat hal ini terjadi adalah sebuah kamus yang akan membantu kita. Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi kita tidak perlu lagi membawa kamus yang tebalnya minta ampun. Sekarang banyak sekali aplikasi yang kamu bisa download di smart phone kamu. Selain gratis kita juga tidak perlu menambah beban bawaan kita. Berikut adalah aplikasi kamus mandarin yang kece-kece, siap untuk menambah ilmu kalian dalam belajar bahasa mandarin.
1. Pleco
Pleco adalah kamus aplikasi bahasa mandarin-inggris yang paling populer di app store. Kamus ini merupakan favorit kebanyakan orang yang lagi belajar bahasa mandarin karena penerjemahan yang sangat tepat, kosakata yang begitu lengkap, mudah digunakan dan berbagai fitur keren yang menunjang pembelajaran bahasa mandarin. Aplikasi kamus ini didesain sangat cerdas, dalam kolom pencarian kamu bisa mengetik kata dalam bahasa inggris maupun pinyin mandarin. Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi bahasa yang ditulis, ketika kamu memasukkan inputnya dalam bahasa inggris maka hasil pencarian akan keluar dalam bahasa mandarin, begitu juga sebaliknya. 

Selain itu Pleco juga dilengkapi dengan fitur kuas, ketika kamu melihat suatu karakter mandarin tetapi kamu tidak pasti cara membacanya dan artinya makanya fitur ini sangatlah berguna. Kamu cukup menulis karakter mandarinnya di layar, ketika kamu melihat hasil pencariannya ada huruf yang sama persis maka kamu cukup men-tap layar ponsel, maka pinyin dan arti huruf tersebut akan keluar. Selain fitur juga ada fitur komponen mandarin, kamu bisa mencari suatu huruf berdasarkan komponen hurufnya yang terdiri dari berapa guratan.

Aplikasi ini menurut saya sangatlah bagus, tetapi aplikasi ini ada kelemahan. Kelemahannya yakni bagi kalian yang ingin belajar bahasa mandarin tetapi belum menguasai bahasa inggris maka akan kerepotan dalam menggunakannya karena aplikasi kamus ini adalah kamus Mandarin-Inggris. Bagi kalian yang kerepotan dengan penerjemahannya dalam bahasa inggris, mungkin kalian bisa mendownload aplikasi kamus bahasa Indonesia-Inggris.

2. Hanping Chinese Dictionary Lite
Hanping Chinese Dictionary Lite hampir  sama dengan Pleco tapi untuk penginstalan aplikasinya memakan memori yang lebih kecil daripada Pleco, tidak sampai 30 MB. Fitur dalam aplikasi ini rata-rata hampir sama dengan Pleco seperti penginputan huruf dalam bahasa inggris dan pinyin, fitur kuas. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ponsel memorinya hanya kecil.

Keunggulan lain dari aplikasi ini menurut saya adalah adanya bagian pengelompokkan kosakata untuk tes HSK( Hanyu Shuiping Kaoshi) dan YCT(Youth Chinese Test). Bagian kalian yang ingin mengambil test HSK, sudah ada daftar kosakata untuk tes HSK dari level 1 sampai 6, kemudian bagi adik-adik sekolah yang ingin tes YCT, sudah ada daftar kosakata untuk tes YCT dari level 1 sampai 4.

3. Kamus Mandarin Offline
Kamus ini merupakan aplikasi buatan lokal, yakni di buat oleh Bali Media, karena itu otomatis pengantar bahasanya adalah mandarin-Indonesia. Aplikasi kamus ini hanya cocok untuk pemula yang sekedar ingin mengetahui bahasa mandarin. Aplikasi kamus ini masih sangat sederhana, tidak bisa memasukkan pencarian dalam pinyin dan daftar kosakata yang sangat terbatas. Banyak sekali kosakata mandarin yang tidak ada pencarian serta pencarian yang menampilkan hasil yang kurang tepat. 

Ada beberapa aplikasi kamus bahasa mandarin lokal seperti kamus mandarin, tetapi menurut saya masih tetap tidak sebagus aplikasi kamus mandarin seperti Pleco dan Hanping. Jika kalian merasa kesulitan dengan penerjemahannya dalam bahasa inggris, kami bisa mendownload kamu bahasa inggris sebagai solusinya. 

Begitulah review saya tentang aplikasi kamus bahasa mandarin, semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin atau yang sedang mempelajari bahasa mandarin. Saran saya, pakailah aplikasi kamus, selain ikut menyelamatkan pohon juga aplikasinya gratis. Tetap semangat belajar mandarin dan semoga sukses selalu.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar