Ungkapan Salam Pertemuan dan Perpisahan dalam Bahasa Mandarin





Halo, teman-teman mandarin, 大家好!!(dà jiā hǎo! !. apakah kalian semua ketika belajar mandarin sering mendengar ungkapan大家好!(dà jiā hǎo! atau你好! (nǐ hǎo!). kedua ungkapan ini merupakan ungkapan salam pertemuan dalam bahasa mandarin. Kita akan membahas ungkapan apa saja yang bisa dipakai ketika bertemu seseorang dalam bahasa mandarin.

a.Ungkapan Salam Pertemuan 
1. 你好! (nǐ hǎo!) = Helo, Hi
你好!(nǐ hǎo!) adalah ungkapan yang sering dipakai ketika bertemu seseorang. (nǐ)berarti kamu dan(hǎo) berarti baik. Tetapi ketika digabungkan你好! (nǐ hǎo!) berarti ‘halo atau hi’ bukan ‘kamu baik’. Ungkapan ini Cuma bisa dipakai ketika kamu bertemu seseorang (satu orang).

2. 大家好!(dà jiā hǎo != Halo semuanya. Hi semuanya
大家好!dà jiā hǎo !hampir sama dengan你好! (nǐ hǎo!) . kata大家 (dà jiā) berarti semuanya dan(hǎo) berarti baik. Tetapi ketika digabungkan大家好!dà jiā hǎo !berarti Halo semuanya atau Hi semuanya. Ungkapan ini dipakai ketika kamu akan menyapa sekelompok orang

3. 早安 (zǎo ān) atau 早上好 (zǎo shang hǎo) = Selamat Pagi
Ungkapan untuk menyapa seseorang di pagi hari. Mandarin Taiwan lebih sering memakai早安 (zǎo ān) sedangkan mandarin Tiongkok daratan memakai早上好 (zǎoshang hǎo)

4. 午安(wǔ ān) atau 中午好(zhōng wǔ hǎo) = Selamat Siang
Ungkapan untuk menyapa seseorang di tengah hari. Mandarin Taiwan lebih sering memakai午安(wǔ ān) sedangkan mandarin Tiongkok daratan memakai中午好(zhōng wǔ hǎo)

5. 下午好(xià wǔ hǎo)
Ungkapan untuk menyapa seseorang di sore hari.

6. 晚安 (wǎn ān) atau  晚上好(wǎn shang hǎo) = Selamat malam
Ungkapan untuk menyapa seseorang di malam hari. Mandarin Taiwan lebih sering memakai晚安 (wǎn ān)  sedangkan mandarin Tiongkok daratan memakai晚上好(wǎn shang hǎo)  

7. 最近好吗(zuìjìn hǎo ma?) = bagaimana kabarnya akhir-akhir ini?

b. Ungkapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Mandarin

1. 再见 (zài jiàn) = Sampai Jumpa Lagi
 再见 (zài jiàn) merupakan ungkapan perpisahan yang sangat umum dalam bahasa mandarin. Kata (zài) berarti lagi sedangkan (jiàn) berarti ketemu, jadi ungkapan再见 (zài jiàn) berarti jumpa lagi atau sampai jumpa lagi.
2. 明天见 (míng tiān jiàn) = sampai jumpa besok
明天(míng tiān) berarti besok, sedangkan (jiàn) berarti ketemu. Jangan menggunakan ungkapan ini jika kamu tidak benaran berharap ketemu seseorang di hari esok karena hal ini akan membingungkan orang.

3. 拜拜(bài bài) = Bye bye!
拜拜(bài bài) merupakan ungkapan perpisahan yang sering dipakai di Taiwan. Ungkapan ini dipinjam dari istilah bahasa ingris

4. 有空再聊 (yǒu kòng zài liáo) = ada waktu ngobrol lagi
有空(yǒu kòng) berarti ada waktu luang, (zài) berarti lagi, sedangkan (liáo) berarti ngobrol. Ungkapan bisa dipakai ketika kamu akan meninggalkan teman mu dengan menyudahi pembicaraan.

5. 我先告辞了 (wǒ xiān gào cí le) = saya pamit dulu
Ungkapan ini merupakan ungkapan yang sangat sopan ketika kamu akan meninggalkan seseorang. (xiān) berarti duluan dan告辞(gào cí) berarti meninggalkan. Jadi ketika merasa buru-buru harus meninggalkan seseorang, kamu bisa menggunakan ungkapan ini.

6. 失陪了 (shī péi le) = saya tinggal dulu
Ungkapan ini merupakan ungkapan yang sangat resmi ketika kamu harus berpisah dengan seseorang. (shī) berarti gagal , (péi) berarti menemanin. Jadi ketika kamu ada urusan penting, kemudian harus meninggalkan seseorang dan tidak bisa menemanin mereka ngobrol lagi, kamu bisa memakai ungkapan perpisahan ini.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar