Cerita Mandarin: Harimau yang Serakah ~ 贪心的老虎

从前,一个山洞里住着一只老虎河一只狐狸。它们无恶不作,整天偷农夫的家禽。

这天,它们趁着农夫出门去,就偷偷去农夫的家,这次它们偷了一只羊,美美的吃了一顿,可老虎太v了,它说,要再去偷一只回来。

农夫出去回来发现羊少了一只,就知道肯定是被老虎和狐狸吃掉了,它正在想怎么对付拿可恶的老虎和狐狸,就看见老虎鬼鬼祟祟的来了,农夫拿了根棒子,站在羊圈的门后面,等老虎一进门,就使劲打它,老虎落荒而逃,没被农夫打死。

可是老虎不死心,第二天,它有准备去偷羊,这次农夫在门口挖了个洞,老虎一进门就掉进去了,农夫把准备好的土全部倒进去了,老虎被闷死里面了。

心得:不能贪得无厌,不然就会自食恶果

Pinyin
Cóngqián, yīgè shāndòng lǐ zhùzhe yī zhǐ lǎohǔ hé yī zhǐ húlí. Tāmen wú'èbùzuò, zhěng tiān tōu nóngfū de jiāqín.

Zhè tiān, tāmen chènzhe nóngfū chūmén qù, jiù tōutōu qù nóngfū de jiā, zhè cì tāmen tōule yī zhǐ yáng, měiměi de chīle yī dùn, kě lǎohǔ tài tānxīnle, tā shuō, yào zài qù tōu yī zhǐ huílái.

Nóngfū chūqù huílái fāxiàn yáng shǎole yī zhǐ, jiù zhīdào kěndìng shì bèi lǎohǔ hé húlí chī diàole, tā zhèngzài xiǎng zěnme duìfù ná kěwù de lǎohǔ hé húlí, jiù kànjiàn lǎohǔ guǐ guǐsuì suì de láile, nóngfū nále gēn bàngzi, zhàn zài yáng juàn de mén hòumiàn, děng lǎohǔ yī jìnmén, jiù shǐjìn dǎ tā, lǎohǔ luòhuāng ér táo, méi bèi nóngfū dǎ sǐ.

Kěshì lǎohǔ bùsǐ xīn, dì èr tiān, tā yǒu zhǔnbèi qù tōu yáng, zhè cì nóngfū zài ménkǒu wāle gè dòng, lǎohǔ yī jìnmén jiù diào jìnqùle, nóngfū bǎ zhǔnbèi hǎo de tǔ quánbù dào jìnqùle, lǎohǔ bèi mèn sǐ lǐmiànle.

Xīndé: Bùnéng tāndéwúyàn, bùrán jiù huì zì shí èguǒ

Terjemahan Bahasa Indonesia
Pada zaman dahulu, harimau dan rubah tinggal di satu gua. Mereka suka melakukan kejahatan, sepanjang hari mencuri unggas milik petanii.

Pada hari ini, mereka memanfaatkan kesempatan saat petani keluar rumah dan mereka diam-diam pergi ke rumah petani. Kali ini mereka mencuri seekor domba. Dengan lahap memakannya. Namun, harimau itu terlalu serakah. Dia berkata bahwa akan mencuri seekor lagi.

Ketika petani pulang dan menyadari bahwa ada satu ekor domba yang hilang, dia tahu bahwa  pasti telah dimakan oleh harimau dan rubah, Dia mencoba  berpikir bagaimana cara untuk menghadapi harimau dan rubah yang menyebalkan itu.Dia melihat harimau menyelinap dan petani mengambil sebuah tongkat. Berdiri di belakang pintu dekat gerombolan domba, ketika harimau memasuki pintu, dia memukul dengan keras dan harimau itu melarikan diri dan tidak terbunuh oleh petani.

Tapi harimau itu tidak menyerah. Keesokan harinya, ia bersiap untuk mencuri domba-domba itu. Kali ini peternak menggali lubang di pintu. Ketika harimau memasuki pintu, dia jatuh ke lubang. Petani menuangkan semua tanah yang sudah disiapkan, dan harimau itu mati lemas.

Moral cerita: tidak boleh serakah, selain itu akan mengakibatkan konsekuensi yang buruk

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar