6 Nutrisi Makanan dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien Mandarin, Nutrisi Makanan dalam bahasa mandarin adalah 食物营养
(shí wù yíng yǎng). Nutrisi atau gizi diperlukan oleh tubuh untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Berikut ini adalah kandungan nutrisi makanan dalam bahasa mandarin.

1.食物热量(shí wù rè liàng)= Energi Makanan (Food Energy)
Energi makanan ialah tenaga yang diperolehi manusia dan hewan melalui makanan. Energi makanan dalam bahasa mandarin adalah食物热量(shí wù rè liàng) atau biasa disingkat dengan热量(rè liàng)

2.碳水化合物(tàn shuǐ huà hé wù)= Karbohidrat (Carbohydrate)
Karbohidrat adalah Sumber energi utama tubuh. merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Sumber-sumber Karbohidrat sangat banyak seperti beras, jagung, gandum, dll. Karbohidrat dalam bahasa mandarin adalah碳水化合物(tàn shuǐ huà hé wù)

3.脂肪(zhī fáng) = Lemak (Fat)
Lemak makanan adalah kandungan lemak yang terdapat dalam semua bahan makanan dan minuman. Lemak dalam bahasa mandarin adalah 脂肪(zhī fáng)

4.蛋白质(dàn bái zhí) = Protein (Protein)
Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Protein berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup dan virus. Protein juga bekerja sebagai neurotransmiter dan pembawa oksigen dalam darah. Protein dalam bahasa mandarin adalah 蛋白质(dàn bái zhí)

5.维生素(wéi shēng sù) /维他命(wéi tā mìng) = Vitamin
adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin dalam bahasa mandarin adalah维生素(wéi shēng sù)atau维他命(wéi tā mìng).
Jenis vitamin dalam bahasa mandarin
a. 维他命 A(wéi tā mìng)= Vitamin A
b. 维他命 B(wéi tā mìng)= Vitamin B
c. 维他命 C(wéi tā mìng)= Vitamin C
d. 维他命 D(wéi tā mìng)= Vitamin D

cara pembacaan huruf a,b,c dan d nya berdasarkan cara pembacaan bahasa inggris

6.矿物质(kuàng wù zhí)/ 膳食矿物质(shàn shí kuàng wù zhí)= Mineral
mineral adalah unsur kimia yang dibutukan sebagai nutrisi esensial oleh mikroorganisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan untuk hidup. Nama-nama mineral dalam bahasa mandarin
a. (gài) = Kalsium
b. 磷光体(lín guāng tǐ) = Fosfor
c. (jiǎ) = Kalium
d. (nà) = Natrium
e. (měi) = Magnesium
f. (diǎn) = Iodin / Iodium
g. (tiě) = Besi

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar