10 Kosakata Mandarin yang Berhubungan dengan Teknologi

Teman-teman Alien Mandarin, ayo kita belajar kosakata mandarin yang berhubungan dengan teknologi. Selamat belajar!

1.蓝牙(lán yá) = Bluetooth
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Bluetooth dalam bahasa mandarin adalah蓝牙(lán yá) = Bluetooth

2. 热点(rè diǎn) = Hotspot (WIFI)
Hotspot atau area bersinyal merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mal, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Hotspot dalam bahasa mandarin adalah热点(rè diǎn)

3. Wi-Fi
Wifi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Tidak ada kosakata mandarin khusus untuk kata ini, dalam bahasa mandarin tetap di sebut Wifi(dilafalkan wai fai)

4. SIM(SIM kǎ)/ 电话卡(diàn huà kǎ)= Kartu SIM (SIM Card)
SIM card adalah sebuah kartu pintar seukuran prangko yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Kartu SIM harus digunakan dalam sistem GSM. SIM card dalam bahasa mandarin adalah SIM(SIM kǎ)

5. 平板电脑(píng bǎn diàn nǎo)= Komputer Tablet (Tablet Computer)
Komputer tablet adalah suatu komputer portabel lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Komputer tablet dalam bahasa mandarin adalah平板电脑(píng bǎn diàn nǎo), atau kadang disingkat menjadi平板(píng bǎn).

6. 记忆卡(jì yì kǎ) = Kartu Memori (Memory Card)
Kartu memori adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital ,suara digital dan video digital. Kartu memori dalam bahasa mandarin adalah记忆卡(jì yì kǎ).

7. 网路摄影机(wǎng lù shè yǐng jī) = Kamera Web (Webcam)
Kamrera web atau webcam adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata  yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua (WWW), program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Webcam dalam bahasa mandarin adalah 网路摄影机(wǎng lù shè yǐng jī)

8. 触控式萤幕(chù kòng shì yíng mù) = Layar Sentuh (Touchscreen)
Layar sentuh atau touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Layar sentuh dalam bahasa mandarin adalah触控式萤幕(chù kòng shì yíng mù)

9. 随身碟(suí shēn dié) / U(U pán) = Flashdisk (USB Flash Drive)
Flashdisk atau USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk dalam bahasa mandarin disebut随身碟(suí shēn dié) atau U(U pán)

10. 读卡器(dú kǎ qì) = Pembaca Kartu Memori (Card Reader)
Card Reader adalah alat untuk membaca kartu memori yang biasanya dihubungkan ke komputer dengan kabel USB. Card reader dalam bahasa mandarin adalah读卡器(dú kǎ qì)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar