17 Jenis Makanan Nasi dalam Bahasa Mandarin



黄姜饭(huáng jiāng fàn)

Teman-teman Alien Mandarin, Beras merupakan makanan pokok orang Asia. Beras dalam bahasa mandarin adalah(mǐ) sedangkan nasi dalam bahasa mandarin adalah (fàn) atau(mǐ fàn). Berikut adalan nama-nama makanan dalam bahasa mandarin yang memakai nasi sebagai bahan utama.

1.韩式拌饭 (hán shì bàn fàn) = Nasi Campur Korea / Bibimbap
Bibimbap secara harfiah berarti nasi campur. Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang.

2.印度香饭(yìn dù xiāng fàn) = Nasi Biryani
Briyani adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras "Basmati") yang dimasak dengan rempah-rempah lalu bisa ditambah dengan sayuran, atau daging. Makanan ini berasal dari Asia Selatan .Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi menjadi Nasi Biryani.

3.比宾卡(bǐ bīn kǎ) = Bibingka
Bibingka merupakan masakan dari Filiphina berupa kue nasi tradisional yang dimakan saat natal.

4.饭团(fàn tuán) = Nasi Kepal
Nasi Kepal atau饭团(fàn tuán) dalam bahasa mandarin merupakan sarapan pagi yang populer di Taiwan, Shanghai, dll. Nasi kepal biasanya berisi abon, sepotong cakwe, sayuran acar dibentuk menjadi bulatan nasi.

5.鸡饭(jī fàn) = Nasi Ayam (Chicken Rice)
Nasi ayam atau鸡饭(jī fàn)merupakan masakan tionghoa yang populer di Malaysia dan Singapura.

6.椰浆饭(yē jiāng fàn) = Nasi Lemak
Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Makanan khas melayu ini populer di Malaysia dan Indonesia (Riau dan Kepulauan Riau)

7.咖喱饭(gā lí fàn) = Nasi Kari (Curry Rice)
Nasi yang dihidangkan dengan gulai kari. Ada macam-macam tipe nasi kari, ada nasi kari Jepang dan ada nasi kari India.

8.炒饭(chǎo fàn) = Nasi Goreng (Fried Rice)
Nasi goreng adalah sebuah hidangan nasi yang telah digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan dan biasanya dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging.

9.盖饭(gài fàn) = Nasi Tangkup
盖饭(gài fàn)adalah hidangan yang populer di Taiwan dan Tiongkok. Lauk(bisa daging, seafood, sayur) dimasak dahulu kemudian akan disiram atau diletakkan diatas nasi sehingga nasi semua tertutupi. Kata(gài) dalam bahasa mandarin berarti tutup. Hidangan ini saya terjemahkan sebagai nasi tangkup dalam bahasa Indonesia.

10.马来粽(mǎ lái zòng) = Ketupat
Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur). Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran.

11.芒果糯米饭(máng guǒ nuò mǐ fàn) = Nasi Ketan Mangga (Kao niao ma muang)
Kao niao ma muang merupakan nasi ketan dengan irisan mangga disiram dengan santan. Jika ke Thailand, makanan manis ini tidak boleh terlewatkan.

12.马来式竹筒饭 (mǎ lái shì zhú tǒng fàn) = Lemang
Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

13.印尼式拌饭(yìn ní shì bàn fàn) = Nasi Campur
Nasi campur adalah masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk yang dibungkus dengan kertas atau daun pisang.

Selain nasi campur, kira-kira ada makanan Indonesia apalagi dalam bahasa mandarin ya, simak di sini (50 Nama Makanan Indonesia dalam Bahasa Mandarin)

14.黄姜饭(huáng jiāng fàn) = Nasi Kuning
Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah dan dihidangkan dengan berbagai macam lauk

15.乌督饭(wū dū fàn) = Nasi Uduk
Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica.

16.义大利炖饭 (yì dà lì dùn fàn) = Risotto
Risotto adalah hidangan nasi campur khas Italia Utara, yaitu beras yang dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim

17.粽子(zòng zi) = Bakcang / Bacang
Bakcang atau Bacang adalah penganan tradisional masyarakat Tionghoa. Bakcang dibuat dari beras ketan sebagai lapisan luar; daging, jamur, udang kecil, seledri, dan jahe sebagai isi. Bakcang dalam bahasa mandarin adalah粽子(zòng zi)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar