4 Frasa Apa Kabar dalam Bahasa Mandarin

Hai teman-teman Alien Mandarin, apa kabar? Ni hao ma? Sudah lama tidak berjumpa ya! Hao jiu bu jian. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “apa kabar dalam bahasa mandarin?”. Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengerti “apa kabar dalam bahasa mandarin adalah 你好吗?(nǐ hǎo ma?) tetapi sebenarnya ada frasa lain untuk menanyakan apa kabar dalam bahasa mandarin kepada teman-teman ataupun orang-orang terdekatmu. 你好吗?(nǐ hǎo ma?) lebih banyak digunakan kepada seseorang yang asing atau yang baru kamu kenal, tentu saja frasa你好吗?(nǐ hǎo ma?) juga dapat kamu gunakan kepada orang-orang yang sudah kamu kenal lama. Sekarang mari kita bahas!

Berikut ini adalah frasa yang dapat kamu gunakan untuk menanyakan kabar kepada seseorang yang sudah kamu kenal, misalnya temanmu atau keluargamu.

1.最近好吗? (zuì jìn hǎo ma?) = Apa Kabar Akhir-akhir Ini?
Frasa 最近好吗? (zuì jìn hǎo ma?) berarti apa kabar akhir-akhir ini. kata 最近(zuì jìn) berarti akhir-akhir ini.

Contoh kalimat
大伟,你最近好吗?
dà wěi, nǐ zuì jìn hǎo ma?
David, apa kabarmu akhir-akhir ini?

2. 最近怎么样? (zuì jìn zěn me yàng?) = Bagaimana akhir-akhir ini?

Frasa最近怎么样? (zuì jìn zěn me yàng?) secara harfiah berarti bagaiama akhir-akhir ini, secara tidak langsung menanyakan bagaimana kabar lawan bicara kita akhir-akhir ini. frasa最近怎么样? (zuì jìn zěn me yàng?) hampir sama dengan frasa di atas.

Contoh kalimat
你的母亲,最近怎么样?
nǐ de mǔ qīn, zuì jìn zěn me yàng?
Bagaimana kabar Ibumu akhir-akhir ini?

3. 你最近忙吗?(nǐ zuì jìn máng ma?) = apakah kamu sibuk akhir-akhir ini?
 Frasa lain yang bisa digunakan untuk menanyakan kabar seseorang dalam bahasa mandarin adalah你最近忙吗?(nǐ zuì jìn máng ma?). kata 忙(máng) berarti sibuk dalam bahasa mandarin. Frasa ini menanyakan lawan bicara apakah sibuk akhir-akhir ini.

4. 你好吗? (nǐ hǎo ma? ) = Apa Kabar?
Frasa你好吗? (nǐ hǎo ma? ) merupakan frasa dalam bahasa mandarin yang mungkin paling sering kamu dengar. Secara harfiah frasa ini berarti apakah kamu dalam keadaan baik (maksudnya menanyakan kabar seseorang). Frasa ini lebih lazim digunakan ke seseorang yang belum kamu kenal ataupun kepada seseorang yang lebih senior atau posisi jabatannya lebih tinggi dari kamu misalnya bos atau guru kamu.

Bagaimana respon dari pertanyaan di atas. Beberapa frasa di bawah dapat kamu gunakan untuk merespon pertanyaan apa kabar di atas.

1. 我很好,谢谢
wǒ hěn hǎo, xiè xiè
kabar saya sangat baik, terima kasih

2. 有点儿忙
Yǒu diǎn er máng
Sedikit sibuk

3. 不错
bù cuò
Tidak buruk/ lumayan

4. 和平常一样
hé píng cháng yī yàng
Seperti biasanya

5. 我病了
wǒ bìng le
Saya sakit

6. 我不太好
Wǒ bù tài hǎo
(kabar) saya tidak terlalu baik

7. 还可以
hái kě yǐ
lumayan (secara harfiah artinya masih bolehlah/ masih bisalah)

8. 一切都好
yī qiè dōu hǎo
semuanya baik-baik saja

9. 很一般
hěn yī bān
sangat biasa / tidak ada yang spesial

Begitulah pembahasan kita tentang apa kabar dalam bahasa mandarin. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar mandarin. Jangan lupa baca juga artikel tentang bagaimana mendoakan teman yang sakit agar cepat sembuh dalam bahasa mandarin di sini (6 Cara Mengungkapkan Semoga Lekas Sembuh dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar