10 Rumah Ibadah dalam Bahasa Mandarin

白龙寺,Kuil Putih, Chiang Rai, Thailand

Teman-teman Alien Mandarin, setiap agama (Pelajari nama-nama agama dalam bahasa mandarin di Nama-nama Agama dalam Bahasa Mandarin ) pasti mempunyai tempat ibadahnya masing-masing. Tempat ibadah atau rumah ibadah dalam bahasa mandarin adalah 宗教场所(zōng jiào chǎng suǒ). Berikut ini adalah nama-nama rumah ibadah dalam bahasa mandarin. Selamat belajar!

1.佛寺(fó sì)
Vihara dalam bahasa mandarin adalah佛寺(fó sì). Kata佛寺(fó sì)secara harfiah berarti kuil Buddha. Adapun kata lain yang juga berarti vihara adalah寺院(sì yuàn), kata寺院(sì yuàn) juga biasa diartikan sebagai biara yaitu tempat tinggal para biksu dan biksuni. Kata lain yang juga berarti vihara adalah佛堂(fó táng), kata ini secara harfiah berarti tempat untuk menyembah dan berdoa kepada Buddha. Selain itu umat Buddha juga kadang beribadah di Pagoda, pagoda dalam bahasa mandarin adalah塔(tǎ)
Contoh
棉兰佛光寺(mián lán fó guāng sì) = Vihara Sinar Buddha Medan

2.清真寺(qīng zhēn sì)
Masjid dalam bahasa mandarin adalah清真寺(qīng zhēn sì). Kata 清真寺(qīng zhēn sì) secara harfiah berarti tempat ibadah umat muslim. Kata清真(qīng zhēn) saja berarti halal dalam bahasa mandarin
Contoh
Masjid Istiqlal di Jakarta dalam bahasa mandarin adalah伊斯蒂克拉爾清真寺(yī sī dì kè lā ěr qīng zhēn sì)

3.寺(sì)
Pura merupakan rumah ibadah bagi umat Hindu. Pura dalam bahasa mandarin adalah寺(sì). Pura di Indonesia terkonsentrasi dipulau Bali. Misalnya di Bali ada Pura Besakih, yang merupakan pura terbesar di Indonesia.
Contoh
Pura Besakih dalam bahasa mandarin adalah布撒基寺(bù sā jī sì).

4.庙(miào)
Kelenteng merupakan tempat ibadah bagi umat Konghucu. Kelenteng dalam bahasa mandarin adalah庙(miào). Orang Indonesia sangat sulit membedakan antara kelenteng dan vihara karena penganut agama Buddha dan Konghucu di Indonesia berasal dari etnis Tionghoa.
Contoh
Kelenteng Sam Po Kong di Semarang dalam bahasa mandarin adalah 三宝庙(sān bǎo miào)

5.教堂(jiào táng)
Gereja dalam bahasa mandarin adalah教堂(jiào táng). 教堂(jiào táng) secara harfiah berarti aula untuk mengajar(menyampaikan kebenaran Tuhan). Kata礼拜堂(lǐ bài táng)adalah kata lain untuk gereja dalam bahasa mandarin. Gereja yang berukuran kecil atau Kapel dalam bahasa mandarin disebut 小教堂(xiǎo jiào táng).
Contoh
Gereja Katedral Jakarta dalam bahasa mandarin adalah雅加達聖母升天主教座堂(yǎ jiā dá shèng mǔ shēng tiān zhǔ jiào zuò táng)

6.道观(dào guàn)
道观(dào guàn) adalah kuil taoisme dalam bahasa mandarin. Kuil taoisme merupakan tempat ibadah bagi penganut ajaran taoisme. Nama lain道观(dào guàn) dari adalah宫观(gōng guān)
Contoh
北京白云观(běi jīng bái yún guān) adalah kuil taoisme Awan Putih di Beijing

7.犹太会堂(yóu tài huì táng)
犹太会堂(yóu tài huì táng)kadang disebut juga犹太教堂(yóu tài jiào táng) berarti sinagoga dalam bahasa mandarin. Sinagoga merupakan tempat ibadah bagi orang Yahudi.
Contoh
Sinanoga Prague di Republik Ceko dalam bahasa mandarin adalah布拉格的旧新犹太教堂(bù lā gé de jiù xīn yóu tài jiào táng)

8. 灵曦堂(líng xī táng)
灵曦堂(líng xī táng)merupakan rumah ibadah bagi penganut agama Baha’i

9. 神社(shén shè)
神社(shén shè)berarti Kuil Shinto, merupakan tempat ibadah bagi penganut aliran Shinto di Jepang.

10. 摩门教堂(mó mén jiào táng)
摩门教堂(mó mén jiào táng) berarti Gereja Mormon. Gereja ini biasa dikenal dengan sebutan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir.

 Baca juga nama-nama pemimpin agama dalam bahasa mandarin di sini (13 Istilah Tokoh Agama dalam Bahasa Mandarin)

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar