6 Cara Menyebut Bayi atau Anak Kecil dalam Bahasa Mandarin

Teman-teman Alien mandarin, ni hao ma? Apa kabar semuanya. Pada topik kali ini, kita akan membahas cara penyebutan bayi atau anak kecil dalam bahasa mandarin. Anak kecil merupakan hadiah yang terindah bagi orang tua. Mereka begitu polos dan comel, tapi terkadang mereka juga bisa bikin kita kesal. Dalam bahasa mandarin terdapat banyak cara untuk menyebut bayi, mulai dari kata asli dari bahasa mandarin sendiri sampai kata serapan dari bahasa Inggris. Mari kita mulai saja belajarnya.

1. 婴儿(yīng ér)
Kosakata yang pertama adalah 婴儿(yīng ér). Kata 婴儿(yīng ér) dalam bahasa mandarin mempunyai arti yang sangat luas. 婴儿(yīng ér) bisa berarti bayi yang baru lahir, balita, anak kecil dalam bahasa mandarin
Contoh
那婴儿醒来时尖声哭叫
Nà yīng'ér xǐng lái shí jiān shēng kū jiào
Saat bayi tersebut bangun, dia menjerit dan menangis.

2. 宝宝(bǎo bǎo)
宝宝(bǎo bǎo) merupakan kata lain yang sering dipakai dalam bahasa mandarin untuk menyebut anak kecil. Selain itu kata 宝宝(bǎo bǎo) juga berarti kesayangan, anak tersayang.
Contoh
把你的牛奶喝完,安妮,这样才是个乖宝宝。
Bǎ nǐ de niúnǎi hē wán, ānnī, zhèyàng cái shìgè guāi bǎobǎo.
Anni, minum habis susunya, begitu barulah anak yang penurut.

3. 宝贝(bǎo bèi)
Frasa yang hampir sama dengan 宝宝(bǎo bǎo) adalah 宝贝(bǎo bèi). Kata 宝贝(bǎo bèi) selain digunakan untuk menyebut anak kecil atau bayi dalam bahasa mandarin, bisa juga digunakan untuk memanggil orang yang disayangi. Selain itu 宝贝(bǎo bèi) juga dapat digunakan tidak sebatas pada manusia, tetapi bisa juga digunakan untuk benda seperti benda-benda kesayangan kita.
Contoh
这些娃娃都是她的宝贝
Zhèxiē wáwá dōu shì tā de bǎobèi
Boneka-boneka ini adalah benda kesayangan dia.

4. 孩子(hái zi)
孩子(hái zi) merupakan kosakata yang sangat umum dipakai dalam bahasa mandarin, artinya adalah bayi. Kata 孩子(hái zi) sering digabung dengan kata 小(xiǎo)  menjadi 小孩子(xiǎo hái zi)  yang berarti anak kecil. Selain itu ada juga kata 男孩子(nán hái zi) yang berarti anak laki-laki dan juga kata 女孩子(nǚ hái zi) yang berarti anak perempuan.
Contoh
她的孩子让老师很骄傲
Tā de háizi ràng lǎoshī hěn jiāo'ào
Anak dia membuat gurunya sangat bangga.

5. 娃娃(wá wá) atau 娃(wá)
Frasa 娃娃(wá wá) dalam bahasa mandarin selain berarti boneka juga bisa berarti anak kecil. Saya sering mendengar kata ini dalam berbagai acara televisi China.
Contoh
你可以帮我带娃吗?
Nǐ kěyǐ bāng wǒ dài wá ma?
Apakah kamu bisa membantu saya menjaga bayi?

6. 北鼻(běi bí)
Frasa yang terakhir ini 北鼻(běi bí) merupakan kata serapan dari bahasa asing yaitu kata ‘baby’ dalam bahasa Inggris. Misalnya pada salah satu program TV di Tiongkok yaitu acara 放开我北鼻(fàng kāi wǒ běi bí) dimana para aktor berlatih menjadi abang yang baik bagi anak kecil. Acara 放开我北鼻(fàng kāi wǒ běi bí) telah tayang sampai season 3 sampai Agustus 2018.

Begitulah 6 cara menyebut bayi atau anak kecil dalam bahasa mandarin. Semoga bermanfaat.

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar