11 Pakaian Tradisional dalam Bahasa Mandarin



Pakaian tradisional adalah pakaian khas suatu negara yang menjadi simbol budaya dan Identitas suatu negara. Pakaian tradisional dalam bahasa mandarin adalah 传统服装(chuán tǒng fú zhuāng). Berikut kita akan mempelajari nama-nama pakaian tradisional berbagai negara dalam bahasa mandarin. Selamat belajar teman-teman Alien Mandarin!

1.蜡染(là rǎn) = Batik (Batik)
Kain Kebanggaan Indonesia. Kain batik bisa di buat menjadi kemeja batik dalam bahasa mandarin adalah . 蜡染衬衫(là rǎn chèn shān)
Contoh
我特别喜欢穿蜡染衬衫
Wǒ tè bié xǐ huān chuān là rǎn chèn shān
Saya sangat suka memakai kemeja batik.

2.可巴雅(kě bā yǎ) = Kebaya
Contoh
可巴雅是一种的传统女性衣裳
Kě bā yǎ shì yī zhǒng de chuán tǒng nǚ xìng yī shang
Kebaya adalah sejenis baju tradisional wanita.

3.古笼装(gǔ lóng zhuāng) = Baju Kurung
Baju kurung adalah salah satu pakaian adat masyarakat Melayu di Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand bagian selatan. Baju kurung dalam bahasa mandarin yaitu古笼装(gǔ lóng zhuāng).

4.马来装(mǎ lái zhuāng) = Baju Melayu
Baju melayu adalah pakaian tradisional untuk pria. Pakaian ini banyak dipakai oleh pria di negara Malaysia, Indonesia, Brunei dan Singapura. Baju melayu dalam bahasa mandarin adalah马来装(mǎ lái zhuāng)

5.纱笼(shā lóng) = Sarung
Contoh
为什么印尼人喜欢穿纱笼?
Wèishéme yìnní rén xǐhuān chuān shālóng?
Kenapa orang Indonesia suka memakai sarung?

Jangan lupa juga membaca artikel tentang jenis-jenis baju dalam bahasa mandarin di sini (13 Jenis Baju dalam Bahasa Mandarin)

6.和服(hé fú) = Kimono
Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Kimono dalam bahasa mandarin adalah和服(hé fú)

7.韩服(hán fú) = Hanbok
Hanbok adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Hanbok dalam bahasa mandarin adalah韩服(hán fú)

8.汉服(hàn fú)/ 汉装(hàn zhuāng) = Hanfu
Hanfu adalah busana tradisional bangsa Han Tionghoa yang berasal dari Tiongkok. Hati-hati dalam pelafalannya karena pinyinnya sama dengan baju tradisional korea, cuma berbeda nada saja. Baju Han atau Hanfu dalam bahasa mandarin adalah汉服(hàn fú)

9.莎丽(shā lì) = Sari
Sari adalah pakaian tradisional yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit. Sari banyak dipakai oleh wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

10.笼基(lóng jī) = Longyi
Longyi merupakan pakaian tradisional Myanmar, serupa dengan sarung di Indonesia. Longyi dipakai dengan cara dililitkan dari perut hingga betis. Jika di Indonesia sarung identik dengan kegiatan keagamaan seperti sholat, longyi merupakan pakaian sehari-hari dan bahkan resmi di Myanmar

11.越式旗袍(yuè shì qí páo) = Ao Dai
Ao dai (áo dài) adalah jenis dari pakaian nasional Vietnam yang dikenakan oleh kaum wanita. Pada gayanya yang sekarang, ao dai memiliki model yang ketat, terbuat dari kain sutera dan dikenakan dengan celana pantalon

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar